Kepri Berharap Perusahaan Dukung Internet Sekolah Pesisir

id Kepri,Berharap,Perusahaan,Dukung,Internet,batam,Sekolah,Pesisir

Kami harap ada keterlibatan perusahaan telekomunikasi dalam penyediaan jaringan internet
Batam (Antara Kepri) - Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau berharap perusahaan telekomunikasi dapat mendukung pengadaan fasilitas jaringan internet, khususnya di sekolah-sekolah yang berada di pesisir, terutama di Kabupaten Natuna, Kepulauan Anambas dan Lingga.

"Kami harap ada keterlibatan perusahaan telekomunikasi dalam penyediaan jaringan internet," kata Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Kepri, Arifin Nasir di Batam.

Jaringan internet di sekolah-sekolah pulau penyangga dibutuhkan demi pemerataan kualitas pendidikan antara pesisir dan kota.

Fasilitas itu juga untuk memenuhi target pemprov dan nasional, meningkatkan jumlah sekolah uang melaksanakan Ujian Nasional Berbasis Komputer.

"Kalau setiap sekolah memiliki satu menara, akan membantu," kata dia.

Selain jaringan telekomunikasi, ia mengatakan listrik juga menjadi kendala utama dalam penggunaan komputer di sekolah yang berada di pulau.

Ia juga berharap PLN memberikan dukungan penuh demi kemajuan pendidikan.

Sementara itu, Disdik Kepri merencanakan pengadaan 10.000 unit komputer untuk sekolah di Kepri hingga 2019.

Program itu merupakan perencanaan jangka pendek yang disusun Disdik Kepri untuk meningkatkan kualitas pendidikan di provinsi yang berbatasan dengan empat negara tetangga yaitu Singapura, Malaysia, Vietnam dan Thailand itu.

"Rencananya, 1.000 unit tahun ini, lalu tahun 2018 sebanyak 4.000 unit dan tahun 2019 sebanyak 5.000 unit, sehingga hingga 2019 sudah mencapai 10.000 unit," kata Arifin.

Untuk pengadaan 4.000 unit komputer 2018, Disdik telah mengajukan anggaran sekira Rp20 miliar dalam Musrenbang yang diharapkan disepakati dan masuk dalam APBD 2018.

"Selain itu, kami juga berharap dukungan dari pemerintah pusat untuk pengadaan komputer di sekolah-sekolah," kata Arifin yang pernah menjabat Kepala Dinas Pendidikan Kota Batam itu. (Antara)

Editor: Rusdianto

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE