Cuaca Buruk Belum Ganggu Penerbangan Hang Nadim

id Cuaca,Buruk,Ganggu,Penerbangan,batam,Hang,Nadim

Meskipun beberapa kali hujan, namun secara umum kondisi di sekitar Hang Nadim masih aman untuk pendaratan. Sehingga seluruh penerbangan berjalan normal
Batam (Antara Kepri) - Cuaca buruk yang melanda Kota Batam dan sekitarnya sejak Senin pagi belum berdampak pada kegiatan penerbangan di Bandara Internasional Hang Nadim.

"Hingga siang ini semua masih berjalan normal. Belum ada penundaan atau pengalihan karena cuaca buruk," kata General Manager Operasional Bandara Internasional Hang Nadim Batam, Suwarso di Batam, Senin.

Dalam beberapa hari terakhir, Batam sering dilanda cuaca buruk ditandai dengan mendung tebal dan hujan deras hampir pada semua wilayah kota.

"Meskipun beberapa kali hujan, namun secara umum kondisi di sekitar Hang Nadim masih aman untuk pendaratan. Sehingga seluruh penerbangan berjalan normal," kata dia.

Minggu (21/5) sore, tiga pesawat tujuan Singapura juga dialihkan ke Bandara Internasional Hang Nadim Batam akibat kondisi di Changi Singapura tidakmemungkinkan untuk pendaratan.

"Kebetulan saat ini kondisi di Batam masih aman untuk pendaratan, sementara di Singapura masih dilanda hujan deras. Sehingga tiga pesawat itu dialihkan pendaratannya ke Batam," kata Suwarso.

Sebenarnya Bandara Internasional Hang Nadim Batam sudah dilengkapi dengan ILS (Instrument Landing System) untuk membantu pilot mendaratkan pesawat saat cuaca kurang mendukung seperti siang ini.

Selain memiliki alat pemdandu pendaratan tanpa visual tersebut, Bandara Internasional Hang Nadim Batam juga memiliki landas pacu hingga 4,025 kilometer yang memberikan kemudaan dalam pendaratan.

"Meskipun cuaca buruk dan jarak pandang terbatas, dengan bantuan alat tersebut pesawat masih bisa mendarat dengan mulus. Namun semua keputusan tetap ada ditangan pilot," kata dia.

Dengan dukungan alat tersebut, kata dia, Hang Nadim Batam juga menjadi bandara alternatif bagi maskapai-maskapai tujuan Singapura yang tidak bisa mendarat karena cuaca buruk. (Antara)

Editor: Rusdianto

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE