KPPBC Dabosingkep Musnahkan 18.109 Bungkus Rokok Ilegal

id KPPBC,Dabosingkep,Musnahkan,18.109,Bungkus,Rokok,Ilegal

KPPBC Dabosingkep Musnahkan 18.109 Bungkus Rokok Ilegal

KPPBC Dabosingkep melakukan pemusnahan barang hasil tangkapan selama kurun waktu 2016-2017, yang disaksikan oleh jajaran instansi vertikal serta tokoh masyarakat setempat, Selasa (23/5). (Istimewa)

Hasil penindakan secara mandiri KPPBC sejumlah 13.129 bungkus rokok dan 228 botol atau 140,22 liter Mikol. Limpahan dari polres Lingga sebanyak 4.890 bungkus rokok. Nilai totalnya Rp135,2 juta, dengan kerugian negara dari cukai sebesar Rp102,7 juta
Lingga (Antara Kepri) - Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea Cukai (KPPBC) tipe Pratama Dabosingkep musnahkan 18.109 bungkus rokok ilegal dan 228 botol minuman beralkohol.

Kepala KPPBC Dabosingkep, Tony Leonard dalam press rilis yang diterima Antara, Selasa mengatakan, rokok ilegal noncukai dan minuman beralkohol yang dimusnahkan kali ini merupakan hasil penindakan secara mandiri oleh pihaknya dan limpahan dari Polres Lingga dalam kurun waktu 2016-2017.

"Hasil penindakan secara mandiri KPPBC sejumlah 13.129 bungkus rokok dan 228 botol atau 140,22 liter Mikol. Limpahan dari polres Lingga sebanyak 4.890 bungkus rokok. Nilai totalnya Rp135,2 juta, dengan kerugian negara dari cukai sebesar Rp102,7 juta," kata dia.

Adapun modus palanggaran, dia menjelaskan, rata-rata keluar dari tempat produksinya yang merupakan kawasan bebas, melalui pelabuhan tidak resmi, dan masuk ke Kabupaten Lingga.

Sementara pintu masuk barang-barang ke Kabupaten Lingga itu diantaranya, dari pelabuhan Sungai Pinang Lingga Timur, Dermaga Dabosingkep, Pelabuhan Jagoh, Pelabuhan Pancur Lingga Utara, dan Pelabuhan Sungai Tenam.

"Untuk menghilagkan kecurigaan, barang diganti kemasan dan selanjutnya dititip kepada anak buah kapal," ungkapnya.

Kegiatan pemusnahan barang tangkapan oleh KPPBC tipe Pratama Dabosingkep, lanjutnya, dilakukan sesuai aturan perundang-undangan dan tata cara penanganan barang hasil tangkapan.

Kegiatan pemusnahan juga turut disaksikan sejumlah perwakilan dari instansi pemerintah Kabupaten Lingga dan tokoh masyarakat setempat.

"Kami mengucapkan terimakansih atas kerjasama Polres dan masyarakat yang telah mendukung kerja KPPBC Dabosingkep," tutupnya. (Antara)

Editor: Evy R Syamsir

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE