49 Wartawan Ikuti UKW PWI Kepri ke-8

id Wartawan,UKW,PWI,Kepri,uji,kompetensi

49 Wartawan Ikuti UKW PWI Kepri ke-8

Peserta UKW PWI Kepri ke-8 saat mengikuti UKW di Balai Room Hermes Agro, Bintan. (antarakepri.com/Aji Anugraha)

Kami berharap para peserta marilah menjadikan gelanggang kompetensi wartawan ini menjadi tempat dan keseluruhannya dapat bergabung didalamnya
Tanjungpinang (Antara Kepri) - Sebanyak 49 wartawan dari sekitar 30 media online di Provinsi Kepulauan Riau mengikuti Uji Kompetensi Wartawan (UKW) yang diselenggarakan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kepri di Hermes Agro, Bintan, Senin.

"Peserta UKW PWI Kepri ke-8 ini terdiri dari 21 tingkat Utama, 7 peserta tingkat madya dan 21 peserta tingkat Muda, dengan penguji yang didatangkan dari Dewan Pers Indonesia, dimulai dari tanggal 22-23 Mei 2017," kata ketua panitia pelaksana, Zakmi.

Ia mengatakan, kegiatan ini juga sekalian menyosialisasikan terbentuknya sebuah wadah media online yang diberi nama Serikat Media Siber Indonesia (SMSI).

"Untuk itu kepada wartawan yang nanti sudah memiliki sertifikasi kewartawanan dapat bergabung di SMSI," ujarnya.

UKW ke-8 PWI Kepri tersebut dibuka oleh Kepala Bidang Organisasi dan  Kaderisasi PWI pusat, Tejo Sasongko. Dalam sambutannya Tejo mengatakan, lebih dari 90 persen UKW diselenggarakan PWI di seluruh Indonesia berjalan dengan baik, dia mengharapkan UKW di Kepri dapat berjalan dengan baik.

"UKW ini semata-mata untuk masyarakat, maka sudah saatnya kita menata kembali profesionalitas para wartawan, dimana untuk menjalankan sebuah profesi harus mendapatakan sertifikasi, oleh karena itu saya mengharapkan semuanya dapat lulus," ujarnya.

Sementara Ketua PWI Kepri Ramon Damora mengatakan, tumbuh kembangnya pers digital di Indonesia semakin marak, sehingga perlu diadakan uji kompetensi, upaya untuk menghasilkan wartawan yang profesional.

Ia mengatakan, beberapa waktu Ini dunia pers menunjukkan ada perubahan yang signifikan. Hal tersebut dilihat dari minata para pewarta dari berbagai media yang seudah mendapataan sertifikasi pada tingkatannya ingin menaikkan kualitas dan kuantitas sertifikasi.

"Kami berharap para peserta  marilah menjadikan gelanggang kompetensi wartawan ini menjadi tempat dan keseluruhannya dapat bergabung didalamnya," ujarnya.

Dalam UKW PWI Kepri ke-8 tersebut menghadirkan 4 penguji dari media ternama yang tergabung dalam Dewan Pers dan PWI pusat. Diantaranya adalah A.R Lubis, Tejo Sasongko, Banjar, Widodo, Saibansah D, dan para penguji yang sedang magang.

Para peserta dibagi beberapa kelompok penguji untuk diuji kompetensinya sesuai dengan unit kerja setiap kategori bidang. Untuk wartawan muda diuji melalui pers rilis dan wawancara cegat, dengan penilaian dari setiap penguji.

Sementara peserta madya dan utama memiliki klasifikasi ujian tersendiri. (Antara)

Editor: Rusdianto


Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE