1.875 Anak Batam Sikat Gigi Massal

id Anak,Batam,Sikat,Gigi,Massal

Kami rencana pecahkan Rekor Muri untuk cuci tangan dan gosok gigi massal. Serta ciptakan Rekor Muri untuk jumantik cilik
Batam (Antara Kepri) - Sebanyak 1.875 siswa taman kanak-kanak dan sekolah dasar di Kota Batam Kepulauan Riau mengikuti sikat gigi dan cuci tangan massal dalam sosialisasi gerakan hidup sehat sedari dini.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Batam, Didi Kusmarjadi di Batam, Selasa, menyatakan kegiatan yang dibidani Puskesmas Baloi Permai itu juga bertujuan untuk melatih anak menjadi juru pemantau jentik (Jumantik) cilik.

Keberadaan Jumantik cilik diharapkan mampu meminimalkan penyebaran nyamuk penyebab berbagai penyakit seperti DBD dan Malaria.

"Kami rencana pecahkan Rekor Muri untuk cuci tangan dan gosok gigi massal. Serta ciptakan Rekor Muri untuk jumantik cilik," kata Kepala Dinas.

Di tempat yang sama, Kepala Puskesmas Baloi Permai, Purnama Agustin, menyatakan sosialisasi pentingnya cuci tangan dan sikat gigi perlu digalakkan, agar hidup sehat.

"Sosialisasi tentang pentingnya cuci tangan dan sikat gigi yang baik ini rutin kami laksanakan ke sekolah-sekolah di wilayah kerja Baloi Permai. Dan hari ini dilakukan secara massal supaya anak-anak menyadari pentingnya cuci tangan dan gosok gigi secara baik," kata dia.

Puskesmas Baloi Permai juga melantik 1.200 orang Jumantik Cilik yang masih duduk di kelas IV SD. Sebelum dilantik, para Jumantik Cilik itu telah melalui pelatihan selama tiga bulan.

Dalam kegiatan itu, Puskesmas Baloi Permai juga melantik 120 orang tukang ojek sebagai pengurus Pos yang telah dilatih mengenai pertolongan pertama pada kecelakaan (P3K).

"Kendaraan ojeknya juga kami lengkapi dengan kotak P3K. Kami juga lakukan pemeriksaan kesehatan rutin untuk tukang ojek," ujarnya.

Masih dalam kegiatan yang sama, Puskesmas Baloi Permai mendeklarasi sanitasi total berbasis masyarakat (STBM). Dan itu menjadi yang pertama di Kota Batam. (Antara)

Editor: Rusdianto

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE