Senator: Masyarakat Perbatasan Perlu Diingatkan Nilai Kebangsaan

id Senator,Masyarakat,Perbatasan,kepri,Nilai,pancasila,djasarmen,purba,Kebangsaan

Jika tidak terus didengungkan, sementara wilayah perbatasan seperti Batam ini, intensitas masuknya masyarakat asing besar maka akan membawa pengaruh
Batam (Antara Kepri) - Anggota DPD RI Djasarmen Purba mengatakan masyarakat yang tinggal di wilayah perbatasan harus sering diingatkan tentang nilai-nilai kebangsaan agar tidak mudah terpengaruh budaya luar yang belum tentu sesuai dengan kepribadian Indonesia.

"NKRI, kebangsaan harus terus didengungkan, harus terus dibumikan. Kadang karena tidak disosialisasikan, masyarakat menjadi lupa dan merasa acuh. Yang saya dapat seperti itu kondisinya," kata Djasarmen Purba saat sosialisasi empat pilar pada masyarakat di Kota Batam, Kepulauan Riau, Selasa.

Peserta sosialisasi berasal dari kawasan pesisir timur Pulau Batam dan dari sejumlah pulau penyangga Kota Batam yang berdekatan dengan Singapura dan Malaysa.

"Jika tidak terus didengungkan, sementara wilayah perbatasan seperti Batam ini, intensitas masuknya masyarakat asing besar maka akan membawa pengaruh. Jika sudah terpengaruh bisa jadi rasa kebangsaan dan kecintaan terhadap NKRI bisa hilang," kata Djasarmen yang merupakan anggota DPD RI daerah pemilihan Kepri.

Saat ini, MPR memiliki tugas untuk terus menyosialisasikan empat pilar karena belum ada lembaga khusus yang menangani mengenai hal tersebut layaknya masa orde baru.

Karenanya sebagai senator, ia melakukan sosialisasi di sejumlah tempat di Kepri.

"Untuk di Kepri ada empat lokasi. Tiga diantaranya di Batam. Tapi dalam sosialisasi kami tidak ingin menggurui, kami hanya mengingatkan agar rasa kebangsaan dan NKRI harus selalu dalam hati semua masyarakat," kata Djasarmen.

Menurutnya sebagian masyarakat sudah melupakan Pancasila, Undang-Undang Dasar 1945, NKRI, dan Bheneka Tunggal Ika sehingga harus terus diingatkan.

"Sosialisasi perlu dilakukan terus menerus. Kami juga ingin apa yang sudah disosialisasikan ini juga diteruskan pada keluarga dan lingkungannya. Jadi seluruh masyarakat memahami mengenai empat pilar ini," kata dia.

Saat ini, kata dia, pemerintah gencar melakukan pembangunan di daerah perbatasan untuk menyejahterakan seluruh lapisan masyarakat.

"Tujuannya agar kesejahteraan sosial masyarakat terwujud. Karena selama ini akses daerah perbatasan sulit sehingga keadilan itu belum dirasakan seluruh masyarakat," kata Djasarmen.

Semua yang saat ini dilakukan pemerintah, kata dia, bertujuan agar masyarakat merasa diperhatikan dari berbagai sektor sehingga rasa sebagai bangsa Indonesia itu semakin kuat.

Dalam sosialisasi itu, Djasarmen juga mengajak masyarakat menyanyikan sejumlah lagu kebangsaan dan menyebutkan bunyi pasal-pasal dalam UUD 1945. (Antara)

Editor: Rusdianto

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE