BPJS Kesehatan Beri Kemudahan Pelayanan Mudik

id BPJS,Kesehatan,Beri,Kemudahan,Pelayanan,Mudik,jaminan,sosial,batam

BPJS Kesehatan Beri Kemudahan Pelayanan Mudik

Kepala BPJS Kesehatan Batam Tavip Hermansyah menjelaskan menyampaikan layanan kemudahan bagi pemudik Lebaran 1438 Hijriyah. (antarakepri.com/Larno)

Peserta JKN-KIS dalam kondisi darurat maupun non darurat dapat langsung berobat ke IGD rumah sakit terdekat, yang bekerja sama dengan BPJS Kesehatan
Batam (Antara Kepri) - BPJS Kesehatan memberikan kemudahan pelayanan bagi pemudik pemegang JKN-KIS untuk mengakses seluruh layanan kesehatan tingkat satu maupun rumah sakit yang bekerjasama pada lokasi tujuan selama periode 19 Juni sampai 2 Juli 2017.

"BPJS Kesehatan menerapkan kebijakan khusus terkait prosedur pelayanannya. Para peserta JKN-KIS yang sedang mudik lebaran tahun ini, dijamin bisa memperoleh peayanan kesehatan dengan prosedur yang lebih sederhana," kata Kepala BPJS Kesehatan Batam Tavip Hermansyah di Batam, Kamis.

Peserta JKN-KIS yang sedang mudik dapat berobat di luar wilayah kepesertaan tanpa harus melapor ke Kantor Cabang BPJS Kesehatan setempat.

"Peserta JKN-KIS dalam kondisi darurat maupun non darurat dapat langsung berobat ke IGD rumah sakit terdekat, yang bekerja sama dengan BPJS Kesehatan," kata dia.

Hal tersebut, kata dia, sebagai wujud kepedulian terhadap kenyamanan dan kepuasan peserta yang sedang mudik dalam memperoleh pelayanan kesehatan.

"Jadi, peserta yang mudik diimbau untuk selalu membawa kartu JKN-KIS (kartu KIS, BPJS Kesehatan, Kartu Askes, Kartu Jakarta Sehat/KJS, dan Kartu Jamkesmas). Kartu harus dalam kondisi aktif agar bisa digunakan," kata dia.

Dengan diterapkannya kebijakan tersebut, peserta JKN-KIS yang sakit pada saat perjalanan mudik atau telah sampai ke tujuan tinggalnya, tidak harus melapor ke Kantor Cabang BPJS Kesehatan setempat.

"Karena itu mohon agar peserta memastikan telah membayar iuran dan disiplin membayar iuran agar status kepesertaannya selalu aktif," kata dia.

Untuk mengecek iuran peserta, dapat dilakukan melalui aplikasi BPJS Kesehatan Mobile pada menu cek iuran. Sedangkan untuk daftar fasilitas kesehatan dapat dilihat di website BPJS Kesehatan, aplikasi BPJS Kesehatan Mobile, atau melalui Care Center BPJS Kesehatan 1500400.

Dan untuk menambah kelancaran saat mudik, BPJS Kesehatan juga telah menyiapkan Aplikasi Mudik BPJS Kesehatan yang dapat diunduh secara gratis di Google Play Store untuk perangkat Android.

Aplikasi tersebut menyediakan telepon penting, alamat kantor BPJS Kesehatan, fasilitas kesehatan mitra BPJS Kesehatan, tanya jawab BPJS Kesehatan, info BPJS Kesehatan, tips BPJS Kesehatan, lokasi-lokasi penting, serta media sosial BPJS Kesehatan.

Selama libur Lebaran, masyarakat juga tetap dapat menghubungi BPJS Kesehatan Care Center 1500400 untuk mendaftar menjadi peserta JKN-KIS, memperoleh informasi, melakukan pengaduan, melakukan konsultasi kesehatan memperoleh pelayanan administrasi peserta JKN-KIS (mutasi dan aktivasi), serta mengetahui perhitungan denda pelayanan, Layanan BPJS Kesehatan Care Center 1500400.

"Selama peserta JKN-KIS mengikuti prosedur dan ketentuan yang berlaku. serta tindakan medis yang diperolehnya berdasarkan indikasi medis yang jelas berdasarkan hasil pemeriksaan dokter, maka fasilitas kesehatan tidak diperkenankan menarik biaya dari peserta," kata Tavip.

Secara nasional, BPJS Kesehatan juga membuka Posko Mudik di delapan titik padat pemudik, yaitu Terminal Pulo Gebang Jakarta, Stasiun Bandung, Stasiun Yogyakarta, Terminal Tirtonadi Surakarta, Terminal Bungurasih Surabaya. Pelabuhan Soekarno Hatta Makassar, Pelabuhan Gilimanuk Bali, serta Pelabuhan Merak Banten. (Antara)

Editor: Rusdianto

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE