Bawaslu Kepri Gelar "Media Gathering" Jelang Pilkada

id Bawaslu,Kepri,Media,Gathering,Pilkada

Bawaslu Kepri Gelar "Media Gathering" Jelang Pilkada

Acara media gathering yang diselenggarakan Bawaslu Kepri di Tanjungpinang, Rabu (21/6). (antarakepri.com/Aji Anugraha)

Dalam operasionalisasi konsep kerawanan pemilu, pengukuran Indeks Kerawanan Pemilu terdiri dari 3 Dimensi, 10 Variabel, dan 31 Indikator. 3 Dimensi yang diukur dalam IKP adalah Penyelenggaraan, Kontestasi, Partisipasi
Tanjungpinang (Antara Kepri) - Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Provinsi Kepulauan Riau menggelar Media Gathering bersama sejumlah media dalam rangka meningkatkan pengawasan partisipatif pada Pilkada 2018 dan Pemilu Raya 2019.

Ketua Bawaslu Kepri Razaki Persada, di Tanjungpinang Rabu mengatakan, pastisipasi aktif media pada penyelenggaraan Pemilu turut membantu kinerja Bawaslu dalam menjalankan tugas dan fungsi. Media juga berperan penting sebagai panyampai informasi mengenai tahapan pemilu.

"Peran media sangat diperlukan dalam penyelenggaraan pilkada nantinya," katanya.

Bawaslu Kepri memaparkan pemetaan potensi kerawanan pilkada 2018 dan Pemilu Raya 2019. Tujuan pemaparan tersebut untuk menegakkan integritas, kredibilitas penyelenggara, transparansi penyelenggaraan dan akuntabilitas hasil Pemilu.

Pemetaan potensi kerawanan pilkada yang diprogramkan Bawaslu Kepri merupakan upaya mewujudkan Pemilu yang demokratis, dan memastikan Pemilu terselenggara secara langsung, umum, bebas, rahasia, jujur, adil, dan berkualitas, serta dilaksanakannya peraturan perundang-undangan mengenai Pemilu secara menyeluruh.

Kordinator Divisi Pencegahan dan Sosialisasi Bawaslu Kepri, Indrawan memaparkan sejumlah mekanisme pengawasan yang akan dilakukan Bawaslu Kepri beserta perangkat pengawasan di tingkat kabupaten kota pada pilkada mendatang.

Ia mengatakan potensi kerawanan dan fokus pengawasan Bawaslu tengah menyusun Renstra Bawaslu dalam menghadapi Pilkada 2018 dan Pemilihan Raya 2019 . Diketahui pelaksanaan pilkada 2017 terdapat 171 Kabupaten dan kota, 39 diantaranya kota 115 kabupaten dan 1 diantaranya adalah Kota Tanjungpinang.

"Dalam operasionalisasi konsep kerawanan pemilu, pengukuran Indeks Kerawanan Pemilu terdiri dari 3 Dimensi, 10 Variabel, dan 31 Indikator. 3 Dimensi yang diukur dalam IKP adalah Penyelenggaraan, Kontestasi, Partisipasi," ujarnya.

Media Gathering tersebut turut dihadiri sejumlah jurnalis dari media cetak, online, radio dan televisi lokal. (Antara)

Editor: Rusdianto

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE