Tanjungpinang Tuan Rumah "Workshop" Regional Urban Nexus ke-7

id Tanjungpinang,Tuan,Rumah,Workshop,Regional,Urban,Nexus

Kedatangan delegasi dari 12 kota di 7 negara merupakan peluang besar bagi kita untuk belajar dan bertukar pengalaman dalam mengelola kota yang berwawasan lingkungan
Tanjungpinang (Antara Kepri) - Kota Tanjungpinang, Kepulauan Riau jadi tuan rumah penyelenggaraan "Workshop" Regional Urban Nexus ke-7 yang dilaksanakan 19 hingga 21 Juli 2017 mendatang.

"Kedatangan delegasi dari 12 kota di 7 negara merupakan peluang besar bagi kita untuk belajar dan bertukar pengalaman dalam mengelola kota yang berwawasan lingkungan,” kata Sekretaris Daerah Tanjungpinang Riono, di sela memimpin rapat persiapan Workshop Regional Urban Nexus ke-7, di Kantor Bapelitbang, Selasa.

Pada hari tersebut, Tanjungpinang akan kedatangan kepala negara dari 7 negara anggota Urban Nexus, delegasi dari 13 organisasi internasional, dan mitra urban nexus di Indonesia.

7 negara anggota urban nexus yang akan hadi yakni China, India, Indonesia, Mongolia, Filipina, Thailand dan Vietnam, serta 13 organisasi Internasional yakni UNDP, UNEP, UN-HABITAT, USAID, FAO, World Bank, Rockerfeller, CITYNET, UCLG-ASPAC, Centre for Livable Cities, Singapore, Cities Development Initiative for Asia, Asian Development Bank (ADB), International Water Association (IWA).

Terpilihnya Tanjungpinang sebagai tuan rumah Workshop Regional Urban Nexus ke-7 karena merupakan mitra Urban Nexus.

Di samping itu, lanjut Sekda, Tanjungpinang berpeluang untuk menunjukkan kepada puluhan delegasi dari 7 negara dan organisasi internasional yang hadir.

"Bahwa Tanjungpinang memiliki potensi wisata serta kota yang nyaman dan aman untuk dikunjungi," ujarnya.

Ia mengatakan, kepada seluruh panitia pada kegiatan tersebut dapat melaksanakan tugasnya dengan sebaik-baiknya. Semua rangkaian kegiatan harus sempurna.

"Kemas kegiatan dengan kreatif dan inovatif sehingga mereka memiliki kesan mendalam ketika mereka berada di Tanjungpinang,” katanya.

Pemkot Tanjungpinang akan merapatkan kembali teknis rangkaian acara tersebut, guna memantapkan penyelenggaraan kegiatan.

"Mudah-mudahan kita bisa mengambil hikmah dan belajar dari mereka," katanya.

Kepala Badan Bapelitbang Surjadi menerangkan, kegiatan dilaksanakan oleh GIS dalam kemitraan ESCAP, ICLEI, German Corperation, dan Tanjungpinang dipilih menjadi tuan rumah dalam penyelenggaraan Workshop Regional Urban Nexus ke-7 yang akan dihadiri delegasi dari 7 negara, organisasi internasional dan mitra urban nexus Indonesia yaitu Pekanbaru.

Ada sebanyak 50 orang peserta yang akan hadir dalam acara tersebut.

"Disinilah kita punya kesempatan untuk berbagi informasi dan meningkatkan wawasan," katanya.

Ia mengatakan, dalam kegiatan tersebut akan ada serangkaian kegiatan dimulai dari penyambutan, jamuan makan malam, exhibition (pameran), dan Site Visit dan City Tour, nantinya akan diajak mengunjungi Pulau Penyengat dan tempat wisata di Tanjungpinang.

Sementara saat acara pembukaan nanti, peserta akan diberikan cideramata seperti tanjak, kaos serta selendang dengan logo ikon gedung gonggong yang merupakan hasil kreatifitas dari ASN Pemkot Tanjungpinang.

"Selain itu, peserta juga akan disajikan dengan penampilan seni dan budaya Melayu Tanjungpinang," ujarnya.

Workshop Regional Urban Nexus akan berlangsung di Hotel CK Tanjungpinang 19-21 Juli mendatang. (Antara)

Editor: Rusdianto

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE