Ketum DPN HKTI Kagumi Potensi Pertanian Lingga

id Ketum,DPN,HKTI,Kagumi,Potensi,Pertanian,Lingga

Ketum DPN HKTI Kagumi Potensi Pertanian Lingga

Ketua Umum DPN HKTI, Jendral TNI (Purn) Moeldoko, didampingi Bupati Lingga Alias Wello dan unsur muspida, mengunjugi sentra pertanian buah-buahan yang tengah dibudidayakan Pemkab Lingga. (Istimewa)

Saya punya keyakinan penuh terhadap potensi besar yang dimiliki Lingga di sisi pertanian. Baik pangan maupun holtikutura sangat baik dibudidayakan di Lingga
Lingga (Antara Kepri) - Ketua Umum Dewan Pimpinan Nasional (DPN) Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI) jenderal TNI (Purn) Moeldoko, mengungkapkan kekagumannya terhadap potensi besar sektor pertanian yang dimiliki kabupaten Lingga.

"Saya punya keyakinan penuh terhadap potensi besar yang dimiliki Lingga di sisi pertanian. Baik pangan maupun holtikutura sangat baik dibudidayakan di Lingga," kata dia, disela kunjungannya ke sejumlah kawasan pertanian pangan dan hortikultura Kabupaten Lingga, dengan didampingi Bupati Alias Wello, Selasa (18/7).

Menurut Moeldoko, masadepan sektor pertanian kabupaten di lintasan katulistiwa tersebut cukup menjanjikan, terlebih dengan posisi strategis Lingga yang berdekatan dengan pasar ASEAN.

Moeldoko sendiri, sejak tidak lagi bergelut di dunia militer, memilih mendesikasikan dirinya di dunia pertanian. Hingga akhirnya pemilik bintang empat tersebut ditunjuk menjadi ketua umum DPN HKTI 2017-2020 melalui musyawarah nasional.

Dia juga telah berhasil melahirkan paritas tanaman padi unggulan yang diberi nama M70D. Bibit unggul ini dapat ditanam dan dapat panen hanya dalam 70 hari masa tanam, dan bisa empat kali panen dalam satu tahun.

Dia berkeyakinan, Lingga mampu mengembangkan bibit tersebut pada lahan sawah masyarakat, yang sekarang dalam proses pencetakan seluas 1.300 Hektere dari bantuan Kementrian Pertanian RI tahun 2017 ini.

Jika pembudidayaan M70D di Lingga berhasil, maka akan sangat efektif dalam menunjang misi ketahanan pangan di daerah perbatasan Indonesia itu.

"Untuk itu, saya berharap dengan teman-teman HKTI di Kepulauan Riau ini agar lebih fokus membantu kerja masyarakat dan pemerintah, dalam mengembangkan sektor pertanian," ujarnya.

Dia juga menaruh keyakinan besar, kelak Lingga akan menjadi salah satu daerah sumber pangan yang bisa menjamin ketersediaan pangan wilayah perbatasan Kepri, hingga mampu mencapai pasar luar negeri.

"Saya yakin daerah ini akan menjadi sumber pangan yang bisa membanjiri pasar luar negeri," ungkapnya. (Antara)

Editor: Evy R Syamsir

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE