Kadisdik: Pelajar Boleh Unduh Buku dari Internet

id Kadisdik,Pelajar,Boleh,Unduh,Buku,karimun,Internet,kurikulum,2013

Jadi, kegiatan belajar siswa baru tidak terhambat karena belum adanya buku paket
Karimun (Antara Kepri) - Kepala Dinas Pendidikan Karimun, Kepulauan Riau, Bakri Hasyim membolehkan pelajar mengunduh buku paket Kurikulum 2013 dari internet.

"Sesuai dengan silabus yang tertera dalam katalog. Boleh diunduh sesuai kebutuhan. Baik guru maupun siswa boleh melakukannya sambil menunggu kedatangan buku yang sudah dipesan sekolah," kata Kepala Dinas Pendidikan Karimun Bakri Hasyim di Tanjung Balai Karimun, Kamis.

Buku paket Kurikulum 2013 untuk kegiatan belajar mengajar, kata dia, dapat diunduh melalui situs resmi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Pengunduhan buku secara "online" oleh guru maupun siswa, menurut dia, hanya untuk mengatasi buka paket yang belum tiba, terutama untuk siswa baru tahun ajaran 2017-2018.

"Jadi, kegiatan belajar siswa baru tidak terhambat karena belum adanya buku paket," ujarnya.

Bakri Hasyim mengatakan, pengadaan buku paket untuk belajar mengajar tetap dilakukan pihak sekolah, baik negeri maupun swasta, sesuai dengan Peraturan Menteri Kebudayaan No 24 tahun 2014 tentang Pembelian Buku Kurikulum 2013.

Dijelaskannya, berdasarkan peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, pengadaan buku paket oleh sekolah dibiayai dengan dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS), dengan porsi 20 persen dari total dana BOS setiap sekolah.

"Sekolah membeli langsung kepada penyediaa yang memenangi lelang buku K-13," katanya.

Dinas Pendidikan, menurut Bakri, hanya dalam posisi membantu pihak sekolah yang belum memiliki jaringan internet untuk pembelian buku paket Kurikulum 2013.

"Pihak sekolah membeli sesuai harga dalam e-katalog, Disdik hanya membantu akses internet untuk sekolah yang tidak punya jaringan internet," katanya.

Kepala SMPN 2 Binaan Tebing Raja Hernayati mengatakan telah memesan buku K-13 tahun ajaran 2017-2018, khususnya untuk kelas yang sudah menerapkan Kurikulum 2013.

"Kurikulum 2013 diterapkan untuk siswa kelas 7 dan 9, sedangkan siswa kelas 9 masih menggunakan Kurikulum 2006," kata Raja Hernayati. (Antara)

Editor: A Jo Seng Bie

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE