Sebagian Visa Haji Jamaah Kepri Selesai

id Visa,Haji,Jamaah,Kepri

Sebanyak 885 visa jamaah sudah siap, itu untuk kelompok terbang 1 dan 19
Batam (Antara Kepri) - Kementerian Agama Wilayah Kepulauan Riau memastikan sebanyak 885 dari 1.295 visa haji jamaah asal provinsi itu  telah selesai dan dikirimkan ke daerah.

"Sebanyak 885 visa jamaah sudah siap, itu untuk kelompok terbang 1 dan 19," kata Sekretaris Panitia Pelaksana Ibadah Haji Embarkasi Batam Subadi, Kamis.

Dengan begitu, tinggal 410 visa jamaah calon haji Kepri yang belum selesai, seluruhnya untuk kloter 27.

Ia menjelaskan, Kementerian Agama membuat kebijakan untuk menyelesaikan pembuatan visa per kloter demi memastikan jamaah di kloter awal tidak terkendala dokumen ketika hendak berangkat ke Tanah Suci.

"Insya Allah visa sudah 'clear'. Tidak ada masalah," kata Subadi.

Mengenai visa untuk jamaah provinsi lain yang berangkat bersama Embarkasi Batam, ia mengatakan belum dapat memastikan karena dokumen diurus masing-masing kantor wilayah Kemenag.

"Kloter 1 sudah selesai, tinggal menunggu kabar dari Riau, karena kloter dua, jamaah dari Riau," kata dia.

Selain visa, ia optimistis dokumen paspor seluruh jamaah telah selesai dan tidak ada masalah.

Sementara itu untuk keperluan persiapan kesehatan seluruh jamaah, ia mengatakan ditangani oleh petugas kesehatan pelabuhan, termasuk imunisasi dan obat-obatan.

"KKP (Kantor Kesehatan Pelabuhan) yang dilibatkan terkait pelayanan kesehatan sesuai dengan Permenkes Kesehatan Haji," kata dia.

Asrama Haji Batam yang dikelola oleh Badan Pengusahaan Kawasan Perdagangan Bebas Pelabuhan Bebas Batam juga tengah bebenah.

Pengelola Asrama Haji Batam melakukan sejumlah perbaikan untuk memastikan kenyamanan jamaah selama berada di sana.

"Tahun ini berbeda, dua kloter masuk sekaligus. Kami sudah cek kapasitas asrama cukup untuk dua kloter," kata dia.

Embarkasi Hang Nadim Batam dijadwalkan memberangkatkan 11.940 orang jamaah calon haji dari empat provinsi pada musim haji 2017, yaitu Kepulauan Riau, Riau, Jambi, dan Kalimantan Barat. (Antara)

Editor: Rusdianto

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE