Kloter 1 Embarkasi Batam Berangkat 30 Juli

id Kloter 1,Embarkasi,Batam,haji,Berangkat

Jamaah dari Natuna dan Anambas, tanggal 28 hari Jumat sudah sampai di Asrama Haji, karena daerahnya jauh
Batam (Antara Kepri) - Kelompok terbang pertama Embarkasi Hang Nadim Batam, Kepulauan Riau, akan diberangkatkan ke Tanah Suci pada Minggu (30/7), dua hari setelah Kloter pertama nasional diberangkatkan.

"Kloter 1 nasional memang 28 Juli, kita setelah itu," kata Sekretaris Panitia Pelaksana Ibadah Haji Embarkasi Batam Subadi di Batam, Kepulauan Riau, Minggu.

Kloter 1 Embarkasi Batam terdiri dari jamaah asal Provinsi Kepri yaitu 71 calon haji Kabupaten Bintan, 194 calon haji Kabupaten Karimun, 72 calon haji Kabupaten Natuna, 39 calon haji Kabupaten Lingga dan 38 calon haji Kabupaten Kepulauan Anambas.

PPIH sengaja mengatur agar ada keterwakilan seluruh kabupaten kota se-Kepri yang ikut berangkat bersama Kloter 1.

Ia menyatakan, kedatangan jamaah ke Asrama Haji Batam berbeda-beda, sesuai dengan perencanaan dari pemerintah daerah masing-masing.

"Jamaah dari Natuna dan Anambas, tanggal 28 hari Jumat sudah sampai di Asrama Haji, karena daerahnya jauh," kata dia.

Dengan begitu, maka diharapkan jamaah dapat beristirahat tenang sebelum berangkat ke Tanah Suci.

"Agar ada pemulihan tenaga," kata dia.    

Sementara itu, Embarkasi Hang Nadim Batam dijadwalkan memberangkatkan 11.940 orang jamaah calon haji dari empat provinsi pada musim haji 2017 yaitu Kepulauan Riau, Riau, Jambi dan Kalimantan Barat.

Jumlah jamaah yang diberangkatkan tahun ini bertambah dibandingkan musim haji sebelumnya yang hanya 8.911 jamaah.

"Tahun ini, jamaah dari Kepri sebanyak 1.286 orang, dari Riau sebanyak 5.030 orang, dari Jambi sebanyak 2.900 orang dan dari Kalbar sebanyak 1.510 orang," kata dia.

Selain itu, embarkasi juga turut memberangkatkan 9 orang Panitia Pelaksana Haji Daerah dari Kepri, 34 orang dari Riau, 19 orang dari Jambi dan 17 orang dari Kalbar. Petugas Kloter pendamping jamaah yang diberangkatkan sebanyak 135 orang.

PPIH sudah membagi jadwal keberangkatan setiap provinsi. Kloter pertama akan diisi oleh jamaah asal Kepri, kemudian kloter 2 hingga 10 diisi jamaah asal Riau dan Kloter 11-16 diisi jamaah asal Kalimantan Barat.

Lalu, kloter 16-18 diisi jamaah Riau, kloter 19 diisi jamaah Kepri, Kloter 20-26 diisi jamaah Jambi dan Kloter 27 diisi jamaah asal Kepri.

"Jamaah asal Riau juga ada yang diberangkatkan bersama kloter 26," kata dia. (Antara)

Editor: Rusdianto


Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE