Tomas Senayang Dukung KPU Bentuk 3 Dapil

id Tomas,Senayang,Dukung,KPU,Bentuk,3,Dapil

Tomas Senayang Dukung KPU Bentuk 3 Dapil

Tokoh Masyarakat Senayang, Awang Sukowati, di Daik Lingga, Selasa (8/8), turut mendukung wacana KPU setempat membentuk 3 Daerah Pemilihan (Dapil) untuk Pileg 2019 mendatang. (Antarakepri/Ardhi)

Ini merupakan kemajuan yang patut didukung oleh masyarakat Senayang. Dengan Dapil sendiri, keberpihakan para wakil rakyat terhadap pembangunan Senayang akan lebih baik tentunya
Lingga (Antara Kepri) - Tokoh Masyarakat Kecamatan Senayang, Kabupaten Lingga, Awang Sukowati mengapresiasi wacana komisi pemilihan umum (KPU) setempat membagi daerah pemilihan (Dapil) menjadi tiga wilayah.

"Ini merupakan kemajuan yang patut didukung oleh masyarakat Senayang. Dengan Dapil sendiri, keberpihakan para wakil rakyat terhadap pembangunan Senayang akan lebih baik tentunya," kata dia di Daik Lingga, Selasa.

Menurut jurnalis senior sekaligus anggota Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Pulau Medang itu, pemisahan Dapil menjadi tiga wilayah dimana gugusan pulau Senayang jadi daerah pemilihan baru, otomatis akan melahirkan para wakil rakyat dari wilayah tersebut.

"Pemilu yang akan datang (Pileg 2019), adalah kesempatan masyarakat Senayang memilih para wakilnya yang memang siap untuk membangun wilayah kepulauan Senayang. Jangan seperti sebelumnya, kita pilih dewan orang luar yang tak begitu peduli dengan kemajuan wilayah ini," ungkap Awang.

Dia berujar, selama ini daerah pemilihan kepulauan Senayang tergabung dengan pulau Lingga. Sehingga wakil rakyat yang dipilih kebanyakan berasal dari Lingga.

"Tentu wakil rakyat yang dipilih masyarakat Senayang itu akan lebih pro terhadap daerah asalnya ketimbang Senayang. Sedangkan Dabosingkep dan sekitarnya memiliki Dapil sendiri, dengan wakil rakyat yang juga berasal dari wilayah pemilihan setempat," ujarnya.

Dia berharap, wacana KPU tersebut dapat terealisasi dan berjalan dengan mulus, sehingga masyarakat Senayang lebih minikmati dampak dari penyelenggaraan pesta demokrasi tahun 2019 mendatang.

"Kalau pemerintah ingin memeratakan pembangunan, cara ini adalah salah satu pendukungnya," singkat Awang.

Sebelumnya, KPU Lingga mewacanakan perubahan dari dua Dapil menjadi tiga. Dimana Dapil 1 yang wilayah pemilihannya mencakup pulau Lingga, Selayar, dan gugusan kepulauan Senayang dipecah menjadi dua dapil.

KPU beralasan, pemisahan Dapil akan lebih memfokuskan tiap wilayah pemilihan sekaligus mengatasi kendala rentang kendali wilayah dapil tersebut.

"Masih dalam tahap wacana. Tapi kemungkinan pemisahan Dapil ini cukup besar," kata Drs Effendi, Komisioner KPU Kabupaten Lingga, belum lama ini. (Antara)

Editor: Evy R Syamsir

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE