TPID Optimistis Harga Kebutuhan Stabil pada Agustus

id TPID,Optimistis,Harga,Kebutuhan,Stabil,Agustus,batam,kepulauan,riau,kepri

Indeks Harga Konsumen pada Agustus diperkirakan tetap terjaga pada level rendah
Batam (Antara Kepri) - Tim Pengendali Inflasi Daerah Provinsi Kepulauan Riau optimis harga kebutuhan masyarakat tetap stabil pada Agustus 2017, seiring pelaksanaan berbagai program pemerintah dalam menekan harga.

"Indeks Harga Konsumen pada Agustus diperkirakan tetap terjaga pada level rendah," kata Sekretaris II TPID Kepri, Eko Waluyo Purwoko di Batam, Kepri, Selasa.

IHK bisa terjaga didorong, antara lain oleh deflasi harga tiket angkutan udara.

Meski begitu, ada beberapa potensi pendorong inflasi pada Agustus, di antaranya dari biaya pendidikan dan perlengkapan sekolah, mengingat masih pada peroiode tahun ajaran baru serta penyesuaian harga BBM oleh pemerintah.

Kenaikan harga ikan segar juga menjadi risiko inflasi, karena pada bulan-bulan ini diperkirakan terjadi peningkatan curah hujan dan gelombang tinggi.

Dalam kesempatan itu, ia mengatakan TPID telah menyusun lima rekomendasi mitigasi risiko inflasi, terutama menjelang akhir tahun.

Pertama, dengan memanfaatkan koordinasi lintas instansi dalam pengawasan harga bahan makanan yang harga eceran tertinggi melebihi dari yang telah ditetapkan oleh pemerintah, kedua mendorong percepatan realisasi kerja sama antar daerah, antara lain Kota Tanjungpinang dengan Kabupaten Karo, Sumut dan Kota Batam dengan Kabupaten Tanjung Jabung Barat, Jambi.

Kemudian ketiga, monitoring pelaksanaan pasar murah lanjutan selama Agustus guna meningkatkan efektivitas dampaknya terhadap pengendalian harga bahan makanan dan keempat mendorong peran BUMD dalam mendukung pengendalian inflasi melalui penyediaan komoditas strategis dan memotong rantai distribusi.

Kelima, mendorong peran masyarakat untuk menanam bahan pangan/komoditas inflasi.

"Seperti yang diselenggarakan Bank Indonesia melalui program 'Urban Farming Awards' sehingga dapat menambah pasokan komoditas penyumbang inflasi.

Dan keenam, mengaji kerjasama antar kota/kabupaten antar TPID terutama dalam pemenuhan pasokan bahan makanan. (Antara)

Editor: Rusdianto

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE