Rabu, 23 Agustus 2017

Jumlah Penumpang Bandara Batam Naik 7,76 Persen

id Jumlah,Penumpang,Bandara,Batam,Naik,hang,nadim
Ada banyak faktor di antaranya penambahan penerbangan dari dan menuju Batam dan harga tiket yang relatif lebih terjangkau
Batam (Antara Kepri) - Jumlah pengguna transportasi udara di Bandara Internasional Hang Nadim Batam sepanjang Januari hingga Juni 2017 naik sekitar 7,76 persen dibandingkan periode sama 2016.

"Semester pertama 2016 penumpang mencapai 2.933.168 orang, seentara 2017 mencapai 3.160.552 orang penumpang," kata General Manager Operasional Bandara Internasional Hang Nadim Batam, Suwarso di Batam, Kepulauan Riau, Rabu.

Peningkatan jumlah penumpang tersebut antara lain didorong pembukaan rute baru oleh sejumlah maskapai yang beroperasi di Hang Nadim Batam.

"Ada banyak faktor di antaranya penambahan penerbangan dari dan menuju Batam dan harga tiket yang relatif lebih terjangkau," kata dia.

Kondisi perekonomian masyarakat Batam yang mulai membaik juga menjadi faktor naiknya jumlah pengguna transportasi udara dari Hang Nadim.

"Kami juga meningkatkan fasilitas bandara untuk menambah kenyamanan. Itu juga berdampak pada peningkatan jumlah pengguna transportasi udara melalui Hang Nadim," kata Suwarso.

Saat ini, maskapai yang beroperasi di Bandara Internasional Hang Nadim Batam adalah Garuda Indonesia, Citilink, Lion Air, Batik Air, Wings Air, Malindo Air, Srwijaya Air, Nam Air, dan Susi Air.

Lion Air menjadi maskapai dengan jumlah penerbangan terbanyak di Hang Nadim, yang sejak 2014 sudah menjadi penghubung wilayah barat Indonesia.

Dari Bandara Internasional Hang Nadim Batam, Lion Air melayani penerbangan ke sejumlah daerah di Sumatera seperti Aceh, Medan, Padang, Pekanbaru, Jambi, Bengkulu, Palembang, Lampung, Pangkal Pinang.

Selain itu, Lion juga melayani penerbangan langsung ke Jakarta, Bandung, Yogyakarta, Solo, Semarang, Surabaya, Bali, Pontianak, Balikpapan, Banjarmasin.

Maskapai penerbangan Citilink memiliki rute ke Medan, Pekanbaru, Padang, Palembang, Pontianak, Jakarta, Bandung, Surabaya.

"Banyak pilihan penerbangan yang dilayani dari Hang Nadim. Sehingga memberikan kemudahan dan pilihan bagi penumpang," kata Suwarso. (Antara)

Editor: Rusdianto

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Baca Juga