Bupati: Pramuka Harus Berperan Menangkal Berita Bohong

id Bupati,Pramuka,Berperan,media,sosial,Menangkal,Berita,Bohong,hoax,karimun

Bupati: Pramuka Harus Berperan Menangkal Berita Bohong

Upacara HUT ke-56 Pramuka di Karimun, Senin (14/8). (antarakepri.com/Nursali)

Oleh sebab itu, Pramuka saat sekarang ini telah menyiapkan generasi yang telah terbukti untuk menangkal informasi hoax tersebut
Karimun (Antara Kepri) - Bupati Karimun, Kepulauan Riau, Aunur Rafiq meminta setiap anggota Pramuka berperan sebagai kantor berita guna menangkal berita bohong atau hoax.

"Setiap Pramuka adalah kantor berita yang harus lebih aktif, produktif, dan kreatif dalam menyalurkan gambaran di sekitarnya, seperti memanfaatkan media sosial untuk menyebarluaskan sebuah informasi dan menangkal berita bohong," kata dia dalam apel Hari Jadi Ke-56 Pramuka di Coastal Area, Tanjung Balai Karimun, Senin.

Aunur Rafiq mengharapkan anggota Pramuka mengimplementasikan keinginan Presiden Joko Widodo agar media sosial dimanfaatkan sebagai media menyebarluaskan informasi yang positif, mengingat banyaknya informasi-informasi bohong yang sangat dengan mudah diakses siapa saja dan dimana saja.

"Oleh sebab itu, Pramuka saat sekarang ini telah menyiapkan generasi yang telah terbukti untuk menangkal informasi hoax tersebut," katanya.

Selain itu, kata dia, Pramuka saat ini tidak hanya menjadi bagian dari konsumen dari informasi, melainkan telah menjadi bagian dari produsen informasi yang menyampaikan informasi yang sesungguhnya kepada masyarakat secara langsung.

"Inilah spirit baru gerakan Pramuka di era digital," katanya.

Meskipun demikian, ia berharap gerakan Pramuka lebih terasa lagi di tengah-tengah masyarakat, baik dalam dunia digital maupun dalam bermasyarakat.

Dalam dunia digital, menurutnya kader Pramuka harus lebih selektif dan teliti untuk memberikan informasi kepada dunia, begitu juga saat berada di dalam masyarakat, anggota Pramuka dituntut untuk lebih aktif lagi menyampaikan hal tersebut kepada masyarakat.

"Bukan sekadar untuk diri sendiri, namun untuk masyarakat yang lebih luas," katanya.

Ia meminta kepada seluruh elemen masyarakat selalu memberikan ruang dan mendukung penuh gerakan Pramuka, mengingat kontribusi yang diberikan selama 56 tahun cukup membuktikan eksistensinya.

"Gerakan ini telah memberikan kontribusi yang nyata dalam dunia pendidikan, sampai saat ini semangat itu tidak pernah pudar," katanya.

Di samping itu, kata dia, pembangunan daerah harus sejalan dengan pembangunan sumber daya manusia. Kedua hal ini tidak boleh dipisahkan karena pada dasarnya pembangunan fisik akan terasa sia-sia jika tidak dibarengi dengan pembangunan sumber daya manusianya.

"Karena kunci pembangunan bangsa terletak pada pembangunan sumber daya manusianya yang berkualitas," katanya.

Untuk itu, dia meminta kepada seluruh kader Pramuka untuk merapatkan barisan agar pembangunan seiring dengan pembangunan akhlak yang luhur berlandaskan iman dan taqwa. (Antara)

Editor: Rusdianto

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE