Komisi III DPRD Kepri Kunker ke Jawa Timur

id Komisi,III,DPRD,Kepri,Kunker,Jawa,Timur,pembangunan,jembatan,lahan,pembebasan

Komisi III DPRD Kepri Kunker ke Jawa Timur

Ketua Komisi III DPRD Kepri mempelajari pembangunan jalan-jalan di Jatim untuk dapat diterapkan di Kepri. (antarakepri.com/Aji Anugraha)

Kami ada rencana membangun Jembatan Batam-Bintan. Kami juga ingin mengetahui tata cara pembebasan lahan disini. Karena hal ini yang jadi kendala juga di Kepri
Tanjungpinang (Antara Kepri) - Komisi III DPRD Kepri melakukan kunjungan kerja ke Provinsi Jawa Timur untuk mempelajari tata cara pembebasan lahan untuk pembangunan jembatan Surabaya-Madura.

"Kami ada rencana membangun Jembatan Batam-Bintan. Kami juga ingin mengetahui tata cara pembebasan lahan disini. Karena hal ini yang jadi kendala juga di Kepri,” kata Ketua Komisi III DPRD Kepri Widiastadi Nugraha.

Kunjungan komisi yang membidangi infrastruktur ini disambut jajaran Pemprov Jawa Timur di Kantor Dinas PU dan Bina Marga Jawa Timur, Rabu (30/8)

Tak hanya soal pembebasan lahan, komisi III yang hadir bersama jajaran Dinas PU Kepri ini juga mempertanyakan soal ganti rugi lahan warga. Ganti rugi ini penting, karena biasanya masalah ganti rugi kerap menjadi masalah di manapun juga.

Dalam kunjungan itu anggota komisi III Asep Nurdin juga menanyakan soal perawatan jalan, dan setelah selesai, berapa persen anggaran yang dialokasikan dalam APBD untuk pemeliharaan jalan.

Pada kesempatan itu, Kabid Bintek Dinas PU Provinsi Jawa Timur Martin Ma’ruf mengatakan bahwa Pemprov Jatim selalu berkoordinasi dengan pemerintah pusat selama pembangunan jalan Suramadu tersebut.

Menurutnya, saat ini sudah ada peraturan baru yang menjamin pemerintah tetap menjalankan program pembebasan lahan.

"Jadi, kalau sudah ada penetapan lokasi, pemerintah sudah dapat membangun lokasi. Masalah ganti rugi, dititipkan di pengadilan setelah mendapat keputusan pengadilan khusus,” kata Martin.

Sedangkan untuk masalah perawatan, telah dibentuk Badan Pengembangan Wilayah Suramadu (BPWS). Badan ini bertanggungjawab terhadap pengembangan wilayah yang dilewati oleh jalan Suramadu tersebut.

Dalam kunjungan ini, hadir juga anggota Komisi III lainnya diantaranya Sahmadin Sinaga, Suryani dan Asep Nurdin. Hadir juga Raja Bakhtiar, dan Raja Astegena.

Dikutip dari Wikipidia, Jembatan Nasional Suramadu adalah jembatan yang melintasi Selat Madura, menghubungkan Pulau Jawa (di Surabaya) dan Pulau Madura (di Bangkalan, tepatnya timur Kamal), Indonesia. Dengan panjang 5.438 m, jembatan ini merupakan jembatan terpanjang di Indonesia saat ini. Jembatan Suramadu terdiri dari tiga bagian yaitu jalan layang (causeway), jembatan penghubung (approach bridge), dan jembatan utama (main bridge).

Jembatan ini diresmikan awal pembangunannya oleh Presiden Megawati Soekarnoputri pada 20 Agustus 2003 dan diresmikan pembukaannya oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono pada 10 Juni 2009. Pembangunan jembatan ini ditujukan untuk mempercepat pembangunan di Pulau Madura, meliputi bidang infrastruktur dan ekonomi di Madura, yang relatif tertinggal dibandingkan kawasan lain di Provinsi Jawa Timur. Perkiraan biaya pembangunan jembatan ini adalah 4,5 triliun rupiah.

Pembuatan jembatan ini dilakukan dari tiga sisi, baik sisi Bangkalan maupun sisi Surabaya. Sementara itu, secara bersamaan juga dilakukan pembangunan bentang tengah yang terdiri dari "main bridge" dan "approach bridge". (Antara)

Editor: Rusdianto

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE