Batam (ANTARA) - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Meteorologi Kelas I Hang Nadim Batam memprakirakan cuaca wilayah Kepulauan Riau pada Rabu, umumnya cerah berawan hingga berawan, namun masih ada potensi hujan lokal.

“Secara umum kondisi cuaca esok hari diprakirakan cerawah berawan hingga berawan. Namun, masih berpotensi terjadi hujan lokal dengan intensitas ringan hingga sedang yang dapat disertai kilat/petir di beberapa wilayah Kepri pada pagi dan siang hari,” kata Prakirawan Nizam Mawardi.

Dia menjelaskan nilai kelembapan udara lapisan atas di wilayah Kepri yang cenderung kecil kurang mendukung proses pertumbuhan awan-awan hujan di wilayah tersebut.

Selain itu, BMKG juga mengingatkan adanya potensi kenaikan gelombang laut yang dapat mencapai 2 meter di wilayah Laut Utara Natuna.

Berikut prakiraan cuaca di 7 kota/kabupaten wilayah Kepri.

Cuaca Kota Batam pagi, siang dan malam hari diprakirakan berawan, dini harinya berawan tebal. Suhu udara berkisar antara 25-31 derajat celcius dan angin datang dari arah Selatan dengan kecepatan 1-25 km/jam.

Begitu juga di Kota Tanjungpinang, pagi, siang dan malam hari diprakirakan berawan dan dini hari berawan tebal. Suhu udara yang mempengaruhi berkisar antara 25-31 derajat celcius dan angin bertiup dari arah Selatan dengan kecepatan 3-24 km/jam.

Cuaca Kabupaten Bintan juga tidak jauh berbeda dari Tanjungpinang, pagi, siang dan malam berawan, dini harinya berawan tebal. Suhu udara berkisar antara 24-31 derajat celcius, angin bertiup dari arah Selatan berkecepatan 2-15 km/jam.

Lalu cuaca Kabupaten Karimun juga masih sama, pagi, siang dan malam hari berawan, dini harinya berawan tebal. Suhu udara berkisar antara 26-30 derajat celcius, dan angin bertiup dari arah Barat Daya dengan kecepatan 1-20 km/jam.

Cuaca Kabupaten Lingga juga pagi, siang dan malamnya berawan, dini harinya berawan tebal. Suhu udara berkisar antara 26-30 derajat celcius. Angin bertiup dari arah Selatan dengan kecepatan 4-22 km/jam.

Kabupaten Natuna paginya berawan, siangnya hujan dengan intensitas ringan, malam dan dini harinya berawan. Suhu udara diperkirakan 24-30 derajat celcius, dan angin dari arah Barat dengan kecepatan 11-28 km/jam.

Terakhir di Kabupaten Anambas sepanjang hari diprakirakan berawan. Suhu udara berkisar antara 26-32 derajat celcius, dan angin bertiup dari arah Barat dengan kecepatan 7-25 km/jam.

Untuk ketinggian gelombang perairan di wilayah Batam, Tanjungpinang/Bintan, Karimun, Lingga dalam kategori tenang (0,1-0,5 meter). Natuna kategori sedang (1,25-2,50 meter) dan Anambas kategori rendah (0,5-1,25 meter).


Pewarta : LRK
Editor : Laily Rahmawaty
Copyright © ANTARA 2024