Batam (ANTARA) - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Meteorologi Kelas I Hang Nadim Batam memprakirakan cuaca wilayah Kepulauan Riau pada hari Kamis, umumnya cerah berawan hingga berawan, namun masih berpotensi hujan lokal.

Selain itu, BMKG juga mengingatkan potensi ketinggian gelombang dapat mencapai 2 meter di Perairan Laut Utara Natuna dan 1,5 meter di wilayah Perairan Anambas.

Prakirawan Fitri Anisa menyebut kondisi cuaca hari ini dipengaruhi nilai udara lapisan atas di wilayah Kepri yang cenderung rendah kurang mendukung proses pertumbuhan awan-awan hujan di wilayah tersebut.

“Secara umum kondisi cuaca esok hari diprakirakan cerah berawan hingga berawan. Namun, masih berpotensi terjadi hujan lokal dengan intensitas ringan hingga sedang yang dapat disertai kilat/petir di beberapa wilayah Kepri pada pagi dan siang hari,” kata Fitri.

Berikut prakiraan cuaca di 7 kota/kabupaten wilayah Kepri.

Cuaca Kota Batam diprakirakan sepanjang hari berawan. Suhu udara berkisar antara 25-32 derajat celcius dan angin datang dari arah Barat Daya  dengan kecepatan 4-10 km/jam.

Kota Tanjungpinang paginya diprakirakan berawan, siangnya terjadi hujan ringan, malam hingga dini hari kembali berawan. Suhu udara yang mempengaruhi berkisar antara 25-32 derajat celcius dan angin bertiup dari arah Barat Daya dengan kecepatan 3-8 km/jam.

Sementara itu, cuaca Kabupaten Bintan diprakirakan sepanjang harinya berawan. Suhu udara berkisar antara 25-32 derajat celcius dan angin bertiup dari arah Barat Daya berkecepatan 2-10 km/jam.

Begitupun cuaca Kabupaten Karimun juga diprakirakan berawan sepanjang hari. Suhu udara berkisar antara 25-32 derajat celcius, dan angin bertiup dari arah Barat dengan kecepatan 6-15 km/jam.

Cuaca Kabupaten Lingga paginya berawan, siangnya hujan ringan, malam dan dini harinya kembali berawan. Suhu udara berkisar antara 25-32 derajat celcius. Angin bertiup dari arah Barat Daya dengan kecepatan 1-12 km/jam.

Kabupaten Natuna sepanjang hari diprakirakan berawan. Suhu udara diperkirakan 25-32 derajat celcius, dan angin dari arah Barat Daya dengan kecepatan 9-17 km/jam.

Terakhir di Kabupaten Anambas juga sepanjang hari diprakirakan berawan. Suhu udara berkisar antara 25-32 derajat celcius, dan angin bertiup dari arah Barat Dayat dengan kecepatan 7-16 km/jam.

Untuk ketinggian gelombang perairan di wilayah Batam dan Karimun kategori tenang tenang (0,1-0,5 meter). Tanjungpinang dan Lingga kategori rendah (0,5-1,25 meter), sedangkan Natuna dan Anambas kategori sedang (1,25-2,50 meter).


Pewarta : LRK
Editor : Laily Rahmawaty
Copyright © ANTARA 2024