Batam (ANTARA) - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Meteorologi Kelas I Hang Nadim Batam memprakirakan cuaca wilayah Kepulauan Riau pada hari Kamis, umumnya cerah berawan hingga berawan, namun masih berpotensi hujan lokal siang hari.

Prakirawan Anisa S menyampaikan kelembapan udara lapisan atas yang cenderung kering serta labilitas lokal yang rendah kurang mendukung pertumbuhan awan-awan hujan.

“Secara umum kondisi cuaca hari ini diprakirakan cerah berawan hingga berawan. Namun, masih berpotensi terjadi hujan lokal dengan intensitas ringan hingga sedang yang dapat disertai kilat/petir di beberapa wilayah Kepri pada siang hari,” kata Anisa.

Berikut prakiraan cuaca di 7 kota/kabupaten wilayah Kepri.

Cuaca Kota Batam diprakirakan paginya hujan ringan, siang hingga dini hari berawan. Suhu udara berkisar antara 25-30 derajat celcius dan angin datang dari arah Barat Daya dengan kecepatan 5-21 km/jam.

Kota Tanjungpinang paginya diprakirakan berawan, siangnya terjadi hujan ringan, malam hingga dini hari kembali berawan. Suhu udara yang mempengaruhi berkisar antara 26-29 derajat celcius dan angin bertiup dari arah Barat Daya dengan kecepatan 4-22 km/jam.

Tak jauh berbeda dari Tanjungpinang, cuaca Kabupaten Bintan paginya diprakirakan berawan, siangnya hujan ringan, malam hingga dini hari berawan. Suhu udara berkisar antara 26-30 derajat celcius dan angin bertiup dari arah Selatan berkecepatan 5-21 km/jam.

Sementara itu, Kabupaten Karimun diprakirakan paginya berawan tebal, siangnya berawan, malamnya hujan ringan dan dini hari kembali berawan. Suhu udara berkisar antara 26-29 derajat celcius, dan angin bertiup dari arah Barat dengan kecepatan 7-21 km/jam.

Cuaca Kabupaten Lingga sepanjang hari diprakirakan berawan. Suhu udara berkisar antara 26-29 derajat celcius. Angin bertiup dari arah Selatan dengan kecepatan 3-16 km/jam.

Berikutnya, Kabupaten Natuna pagi dan siang harinya diprakirakan hujan ringan, malamnya berawan dan dini harinya hujan ringan. Suhu udara diperkirakan 24-28 derajat celcius, dan angin dari arah Barat Daya dengan kecepatan 11-18 km/jam.

Terakhir di Kabupaten Anambas paginya diprakirakan hujan ringan, siang dan malam berawan, dini hari hujan ringan. Suhu udara berkisar antara 27-28 derajat celcius, dan angin bertiup dari arah Barat Daya dengan kecepatan 13-22 km/jam.

Untuk ketinggian gelombang perairan di wilayah Batam, Tanjungpinang/Bintan, Karimun dan Lingga kategori rendah (0,5-1,25 meter), sedangkan Natuna dan Anambas kategori sedang (1,25-2,50 meter).

BMKG mengimbau masyarakat mewaspadai ketinggian gelombang laut yang dapat mencapai 2 meter di wilayah Laut Utara Natuna dan 1,5 meter di wilayah Perairan Kepulauan Anambas.


Pewarta : LRK
Editor : Laily Rahmawaty
Copyright © ANTARA 2024