Batam (ANTARA) - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Meteorologi Kelas I Hang Nadim Batam memprakirakan cuaca wilayah Kepulauan Riau pada hari Senin, umumnya berawan, namun masih berpotensi terjadi hujan lokal pada pagi dan siang hari.

Prakirawan Nizam Mawardi mengatakan, adanya pertemuan massa udara di wilayah Kepulauan Riau menambah pertumbuhan awan-awan hujan tetapi kurang didukung oleh nilai kelembapan udara lapisan atas yang cenderung kering.

“Secara umum kondisi cuaca hari ini wilayah Kepulauan Riau diprakirakan berawan. Namun, masih berpotensi terjadi hujan lokal dengan intensitas ringan hingga sedang yang dapat disertai dengan petir/kilat di beberapa wilayah Kepulauan Riau pada pagi dan siang hari,” kata Nizam.

Berikut prakiraan cuaca di 7 kota/kabupaten wilayah Kepri.

Cuaca Kota Batam pagi harinya diprakirakan berawan tebal, siangnya hujan ringan, malamnya berawan  dan dini hari berawan tebal. Suhu udara berkisar antara 25-30 derajat celcius dan angin datang dari arah Selatan dengan kecepatan 9-20 km/jam.

Kemudian di Kota Tanjungpinang paginya berawan tebal, siang hari hujan ringan, malam dan dini hari berawan. Suhu udara yang mempengaruhi berkisar antara 25-32 derajat celcius dan angin bertiup dari arah Selatan dengan kecepatan 6-22 km/jam.

Begitupun di Kabupaten Bintan paginya berawan tebal, siang diprakirakan hujan ringan, malam dan dini hari berawan. Suhu udara berkisar antara 24-30 derajat celcius dan angin bertiup dari arah Selatan berkecepatan 5-26 km/jam.

Lalu di Kabupaten Karimun diprakirakan paginya berawan, siang harinya cerah berawan, malamnya berawan tebal, dini harinya hujan ringan. Suhu udara berkisar antara 25-30 derajat celcius, dan angin bertiup dari arah Selatan dengan kecepatan 8-23 km/jam.

Cuaca Kabupaten Lingga paginya diprakirakan hujan ringan, siang harinya berawan, malamnya berawan tebal dan dini hari hujan ringan. Suhu udara berkisar antara 25-29 derajat celcius. Angin bertiup dari arah Selatan dengan kecepatan 4-29 km/jam.

Berikutnya, Kabupaten Natuna paginya berawan, siang harinya hujan ringan, malam dan dini harinya berawan. Suhu udara diperkirakan 24-31 derajat celcius, dan angin dari arah Selatan dengan kecepatan 16-23 km/jam.

Terakhir di Kabupaten Anambas paginya diprakirakan berawan tebal, siang, malam hingga dini hari berawan. Suhu udara berkisar antara 26-29 derajat celcius, dan angin bertiup dari arah Barat Daya dengan kecepatan 19-27 km/jam.

Untuk ketinggian gelombang perairan di 7 kabupaten/kota Kepulauan Riau dalam kategori rendah (0,5-1,25 meter).


Pewarta : LRK
Editor : Laily Rahmawaty
Copyright © ANTARA 2024