Gubernur Kepri: Instansi pemerintah sebaiknya gunakan produk petani lokal

id Pemberdayaan produk lokal

Gubernur Kepri: Instansi pemerintah sebaiknya gunakan produk petani lokal

Gubernur Provinsi Kepri Ansar Ahmad. (Antara/Ogen)

Tanjungpinang (ANTARA) - Gubernur Provinsi Kepulauan Riau Ansar Ahmad meminta instansi pemerintah di tingkat provinsi hingga kabupaten/kota menggunakan produk petani lokal di setiap acara resmi pemerintahan.

Ansar tidak ingin Organisasi Perangkat Daerah (OPD) menggunakan buah-buahan produk impor, namun sebaiknya menyediakan menu-menu tradisional seperti jagung, singkong, kacang rebus dan kuih-muih masyarakat.

"Saya sudah minta seluruh Kepala OPD untuk menerapkan hal ini. Sederhana saja, tidak perlu bermewah-mewah, berdayakan produk lokal," kata Ansar Ahmad di Tanjungpinang, Senin.

Ansar mengatakan bahwa hal tersebut merupakan salah satu upaya pemerintah daerah membantu perekonomian petani di tengah pandemi COVID-19.

"Dengan membeli produk mereka. Berarti kita telah memberdayakan ekonomi petani tempatan," ujarnya.

Selain itu, Politikus Golkar ini juga mengimbau kegiatan-kegiatan seremonial lebih banyak digelar di daerah perkampungan dibanding perkotaan, dengan begitu dapat mendorong geliat ekonomi masyarakat desa.

"Kalau ada kegiatan seremonial di desa. Pasti banyak warga yang berjulana di sana, tentunya ekonomi bakal berputar," tutur Ansar.

Dia turut menyarankan agar Kepala OPD mengurangi kegiatan-kegiatan seremonial yang kurang penting, misalnya rapat OPD di hotel.

Sebaiknya, lanjut Ansar, OPD memperbanyak program padat karya untuk membuka peluang kerja bagi masyarakat terdampak pandemi COVID-19.

"OPD harus bijak menggunakan APBD di masa pandemi COVID-19, supaya lebih mengarah kepada perekonomian dan kesejahteraan masyarakat," demikian Ansar.
Pewarta :
Editor: Evi Ratnawati
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar