Hanya 260 orang wisman ke Kepri selama Januari 2021

id Kunjungan wisman turun

Hanya 260 orang wisman ke Kepri selama Januari 2021

Suasana ruang tunggu pelabuhan Sri Bintan Pura Tanjungpinang, Kepri, sepi saat pandemi COVID-19. (Ogen)

Tanjungpinang (ANTARA) - BPS mencatat jumlah kunjungan wisman ke Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) selama bulan Januari 2021 sebanyak 260 kunjungan atau mengalami penurunan 52,03 persen dibanding kunjungan wisman selama Desember 2020 yang mencapai 542 kunjungan. 

Bahkan jika dibandingkan Januari 2020, jumlah kunjungan wisman ke daerah itu turun sebesar 99,88 persen sebagai akibat merebaknya wabah COVID-19 sehingga dampaknya tentu sangat besar terhadap industri pariwisata setempat.

Kepala BPS Kepri Agus Sudibyo menyebut penurunan jumlah kunjungan wisman selama Januari 2021 sebagai turunnya jumlah kunjungan wisman yang berasal dari dua pintu masuk utama yang ada di Kepri, yaitu Kabupaten Bintan turun 100 persen dan Kota Batam turun sebesar 44,80 persen.

"Sedangkan pintu masuk Kabupaten Karimun dan Kota Tanjungpinang tidak terdapat kunjungan wisman sama sekai," kata Kepala BPS Kepri Agus Sudibyo, Senin.

Agus mengatakan pada Januari 2021, selama Januari 2021 hanya wisman berkebangsaan Filipina yang berkunjung ke Kepri.

Jika dibandingkan dengan Desember 2020, kata dia, kunjungan wisman berkebangsaan Filipina tidak mengalami perubahan jumlah kunjungan.

"Wisman berkebangsaan Filipina ini memiliki peran 0,38 persen dari total seluruh kunjungan wisman yang masuk ke Kepri," imbuhnya.

Secara terpisah, Kepala Dinas Pariwisata Kepri Buralimar menyampaikan optimis industri pariwisata tahun 2021 mulai pulih, hal ini seiring berjalannya program vaksinasi untuk menekan penyebaran virus COVID-19.

Dia menyebut pemerintah daerah gencar mendorong pemerintah pusat melalui Kemenparekraf segera membuka akses kunjungan wisman ke Kepri, khususnya Kabupaten Bintan dan Kota Batam.

Dua daerah ini, lanjutnya, sudah siap menerima kunjungan wisman karena telah dilengkapi dengan fasilitas protokol kesehatan yang ketat.

"Pak Menteri juga sudah berkunjung ke Bintan dan Batam. Beliau menyambut baik keinginan Kepri untuk membuka akses wisman, semoga segera terealisasi agar ekonomi perlahan-lahan pulih," imbuhnya.
Pewarta :
Editor: Evi Ratnawati
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar