Gubernur Kepri juga desak Wali Kota Tanjungpinang isi wawako

id Pengisian jabatan wawako,WAKIL WALI KOTA TANJUNGPINANG

Gubernur Kepri juga desak Wali Kota Tanjungpinang isi wawako

Gubernur Provinsi Kepri Ansar Ahmad. (ANTARA/Ogen)

Tanjungpinang (ANTARA) - Gubernur Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) Ansar Ahmad mendesak Wali Kota Tanjungpinang Rahma mempercepat pengisian calon wakil wali kota (wawako) sisa masa jabatan tahun 2018-2023.

Ansar Ahmad melalui surat Gubernur Kepri menyampaikan kepada Wali Kota Tanjungpinang Nomor: 132/374/B.PEMTAS-SET/2021 perihal pengisian Calon Wakil Wali Kota Tanjungpinang sisa masa jabatan tahun 2018-2023, tanggal 8 Maret 2021.

Dalam surat tersebut Ansar meminta Wali Kota Rahma meneruskan usulan dua orang calon wakil wali kota Tanjungpinang sisa masa jabatan 2018-2023 yang telah diterima dari usulan partai politik atau gabungan partai politik pengusung kepada DPRD Kota Tanjungpinang, untuk selanjutnya dilakukan mekanisme pemilihan oleh DPRD Kota Tanjungpinang.

Hal itu, kata Ansar, sesuai Pasal 196 ayat 1 dan ayat 2 UU RI Nomor 10 Tahun 2016 tentang Pemilihan Gubernur, Bupati dan Wali Kota.

Selain itu, pihaknya juga telah menerima surat tembusan dari Wali Kota Tanjungpinang yang ditujukan kepada Mendagri tentang permohonan petunjuk dan arahan. Berkenaan hal tersebut, Ansar menyebut seharusnya secara berjenjang Wali Kota dapat berkoordinasi dengan Pemprov Kepri.

Pihaknya pun telah menerima tembusan surat dari Ombudsman Republik Indonesia Perwakilan Provinsi Kepri yang menyarankan wali kota merespons keinginan publik agar jabatan calon wakil wali kota Tanjungpinang sisa masa jabatan 2018-2023 segera terisi.

Dia turut menegaskan demi menjaga stabilitas politik dan pemerintahan serta adanya kepastian hukum di Kota Tanjungpinang, Wali Kota Tanjungpinang harus segera menindaklanjuti dan melaksanakannya sesuai dengan ketentuan dan perundang-undangan yang berlaku.

Pewarta :
Editor: Nurjali
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar