Satgas transportasi laut untuk tekan COVID-19 di Kepri

id Satgas transportasi laut

Satgas transportasi laut untuk tekan COVID-19 di Kepri

Sekda Provinsi Kepulauan Riau, TS Arif Fadillah saat memantau pelaksanaan vaksinasi lansia tahap I di Kota Tanjungpinang. (Ogen)

Tanjungpinang (ANTARA) - Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) membentuk tim satuan tugas transportasi laut di kota-kota besar di daerah itu guna menekan angka penyebaran COVID-19

Satgas transportasi mulai bertugas pada 1 April 2021 di Pelabuhan Batam Center, Sekupang, dan Telaga Punggur, Kota Batam.

"Satgas ini akan bekerja ketat selama tiga bulan dan akan dievaluasi secara berkala,” kata Sekretaris Daerah Provinsi Kepri Arif T.S. Arif Fadillah di Tanjungpinang, Senin.

Ia menyampaikan pembentukan satgas ini penting karena meskipun imbauan protokol kesehatan telah diterapkan, di dalam kapal masih banyak penumpang abai terhadap protokol kesehatan.

Pembentukan satgas transportasi laut melibatkan anak buah kapal dan mereka akan diberikan rompi khusus serta surat keputusan  dari Gubernur Kepri.

Pemprov juga akan membentuk satgas keramaian untuk memantau kerumunan masyarakat di titik-titik keramaian di Batam, Tanjungpinang, dan Karimun.

"Nantinya satgas ini gabungan dari Polri, TNI, dan Satpol PP," kata Arif.

Ia menyampaikan saat ini kondisi kasus COVID-19 di tujuh kabupaten/kota di Kepri turun drastis.

Khusus di Kabupaten Anambas, Lingga, Natuna, kata dia, sudah nol kasus, sedangkan Kabupaten Karimun tersisa satu kasus.

Untuk Kabupaten Bintan, Kota Tanjungpinang, dan Kota Batam masih ada kasus aktif namun di bawah 10 kasus. Bahkan, sekarang sudah zona kuning

Oleh karena itu, pihaknya gencar mengimbau masyarakat agar tetap menjaga protokol kesehatan dengan memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan.

"Kita tidak ingin kondisi kasus sudah mulai bagus, justru naik lagi karena warga abai protokol kesehatan," demikian Arif.

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE