Sekokah di enam kabupaten/kota di Kepri mulai buka

id sekolah kepri,pembelajaran tatap muka,pembukaan sekolah

Sekokah di enam kabupaten/kota di Kepri mulai buka

Protokol kesehatan diterapkan dalam kegiatan pembelajaran tatap muka di SMP Negeri Kecamatan Ungar, Kabupaten Karimun, Kepri, Senin (11/1/2021). (ANTARA/Ogen)

Tanjungpinang (ANTARA) - Enam pemerintah kabupaten dan kota di Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) sudah melaksanakan pembelajaran tatap muka di sekolah sejak awal 2021, kata Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Kepri Muhammad Dali.

Menurut Dali, pembelajaran tatap muka sudah dilaksanakan di Kabupaten Bintan, Kabupaten Lingga, Kabupaten Natuna, Kabupaten Anambas, Kabupaten Karimun, dan Kota Batam.

"Tanjungpinang memang belum sama sekali, karena itu kebijakan Pemda setempat, tetap harus diikuti," kata Dali di Tanjungpinang, Kamis.

Pelaksanaan pembelajaran tatap muka (PTM) di Kabupaten Bintan, Kabupaten Lingga, Kabupaten Natuna, Kabupaten Anambas, dan Kota Batam, menurut dia, belum mencakup seluruh satuan pendidikan.

"Ada sekolah yang diizinkan dan tidak diizinkan menggelar PTM," kata Dali.

Ia mengatakan bahwa hanya Pemerintah Kabupaten Karimun yang sudah menerapkan pembelajaran tatap muka di seluruh sekolah mulai dari tingkat sekolah dasar sampai sekolah menengah atas sejak 15 Maret 2021.

Dali menjelaskan, pembelajaran tatap muka di sekolah-sekolah di Kabupaten Karimun dilakukan dalam dua sesi pada pagi dan siang hari guna meminimalkan kerumunan.

"Kabupaten/kota lainnya pun menerapkan hal serupa," katanya.

Dali mengatakan bahwa sekolah menengah kejuruan di Kepri rata-rata sudah melaksanakan pembelajaran tatap muka sejak Januari 2021. 

Berdasarkan hasil evaluasi, ia mengatakan, pelaksanaan pembelajaran tatap muka di sekolah kejuruan berjalan baik.

Dinas Pendidikan, ia mengatakan, berkoordinasi dengan pemerintah kabupaten/kota untuk memastikan pembelajaran tatap muka dilaksanakan dengan menerapkan protokol kesehatan untuk mencegah penularan COVID-19.

"Kita tidak ingin PTM di sekolah justru jadi klaster baru COVID-19," katanya.

Dinas Pendidikan, ia mengatakan, juga mendorong pelaksanaan vaksinasi COVID-19 pada para guru dan tenaga kependidikan demi keamanan kegiatan belajar mengajar di sekolah.

Sementara itu, Gubernur Kepri Ansar Ahmad mengatakan bahwa pemerintah provinsi sedang membahas aturan pelaksanaan pembelajaran tatap muka di sekolah.

"Kita tengah bahas aturan-aturan soal PTM dalam masa pandemi. Diupayakan secepatnya terlaksana, kasihan anak-anak sudah setahun belajar daring dari rumah," kata Ansar.


Sekolah wajib memberikan opsi PTM terbatas setelah vaksinasi pendidik

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE