Pemprov Kepri pastikan stok pangan aman jelang Ramadhan dan Idul Fitri

id Stok pangan ramadhan

Pemprov Kepri pastikan stok pangan aman jelang Ramadhan dan Idul Fitri

Gubernur Kepri Ansar Ahmad meninjau Gudang Bulog di Jalan Gatot Subroto di Kilometer 5, Kota Tanjungpinang, Jumat (2/4). (Ogen)

Tanjungpinang (ANTARA) - Gubernur Provinsi Kepri Ansar Ahmad menjamin pasokan pangan di daerah itu aman menjelang bulan Ramadhan dan Idul Fitri.

"Stok beras kita masih tersedia untuk empat bulan ke depan. Artinya, kebutuhan menyambut puasa dan hari raya sudah aman," kata Ansar saat meninjau Gudang Bulog di Jalan Gatot Subroto di Kilometer 5, Kota Tanjungpinang, Jumat (2/4).

Dalam kesempatan itu, Ansar ikut mendorong Bulog Subdivre Tanjungpinang bersama Disperindag Provinsi Kepri melakukan operasi pasar guna menjamin stabilitas harga pangan.

"Itu sudah jadi tugas Bulog dan Pemda, untuk menjaga daya beli masyarakat," ujarnya.

Lebih lanjut, Ansar turut menyampaikan dari hasil pemantauannya di sejumlah pasar tradisional Kota Tanjungpinang, stabilitas harga barang kebutuhan pokok masih relatif stabil. Tidak ada ditemukan lonjakan harga yang tinggi.

Hanya saja yang sering menjadi persoalan, katanya, persediaan barang yang kerap berkurang pada hari-hari besar keagamaan seperti Ramadhan dan Idul Fitri. 

"Biasanya hal itu menyebabkan terjadinya kenaikan harga pangan. Ini yang akan kita antisipasi dan perlu dikontrol hingga hari raya nanti," imbuhnya.

Sementara itu, Kepala Bulog Subdivre Tanjungpinang Parluhutan Siregar menyampaikan stok beras di gudang mereka saat ini sebanyak 2.800 ton.

Stok beras tersebut sangat memadai untuk memenuhi kebutuhan masyarakat di lima wilayah kerja Bulog Subdivre Tanjungpinang, meliputi Kabupaten Bintan, Kabupaten Lingga, Kabupaten Anambas, Kabupaten Natuna, dan Kota Tanjungpinang.

"Stok beras ini dipastikan aman hingga empat bulan ke depan," kata Parluhutan.
Pewarta :
Editor: Evi Ratnawati
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar