Warga pesisir Batam waspadai banjir terkait gerhana bulan

id banjir pesisir,banjir rob,efek gerhana bulan

Warga pesisir Batam waspadai  banjir terkait gerhana bulan

Arsip Foto. Anak-anak bermain air saat banjir menggenangi kawasan permukiman di daerah Nongsa, Batam, Kepulauan Riau, Minggu (10/01/2021). (ANTARA FOTO/Teguh Prihatna/Lmo/aww)

Batam (ANTARA) - Warga kawasan pesisir Kota Batam, Kepulauan Riau, diminta mewaspadai potensi banjir akibat rob pada saat gerhana bulan total pada Rabu.

"Imbauan kami terutama kepada masyarakat yang tinggal di pesisir agar mewaspadai potensi banjir rob akibat fenomena cuaca, fenomena gerhana bulan total ini," kata Kepala Seksi Data dan Informasi Stasiun Meteorologi Kelas I Hang Nadim Batam Suratman.

Ia mengemukakan bahwa potensi banjir akibat rob pada masa gerhana bulan total kali ini kemungkinan tidak akan sebesar banjir dengan yang terjadi pada awal tahun.

"Kemungkinan tidak sebesar awal tahun baru kemarin, yang mana waktu itu berbarengan dengan fenomena siklon tropis yang mengakibatkan gelombang tinggi," kata dia.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) juga sudah menyampaikan peringatan dini mengenai potensi banjir di kawasan pesisir pada 26 hingga 31 Mei 2021 di beberapa daerah termasuk Batam.

Gerhana bulan total mempengaruhi kondisi pasang air laut maksimum yang berpotensi menyebabkan banjir di kawasan pesisir.

Banjir di kawasan pesisir bisa mengganggu aktivitas warga di kawasan permukiman, pelabuhan, dan tambak.

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE