Pemprov Kepri diminta tinjau kebijakan tes GeNose COVID-19 bagi penumpang

id Penerapan tes GeNose

Pemprov Kepri diminta tinjau  kebijakan tes GeNose COVID-19 bagi penumpang

Warga antre tes GeNose COVID-19 di Pelabuhan SBP Tanjungpinang, Kepri. ANTARA/Ogen

Tanjungpinang (ANTARA) - Ketua Komisi I DPRD Provinsi Kepri Bobby Jayanto meminta Gubernur Kepri Ansar Ahmad meninjau kebijakan penerapan tes GeNose COVID-19 bagi penumpang di pelabuhan dan bandara setelah mendapat berbagai keluhan dari masyarakat setempat.

Bobby Jayanto di Tanjungpinang, Minggu mengatakan tes GeNose COVID-19 membebankan masyarakat karena ada biaya tambahan yang harus dikeluarkan warga atau calon penumpang sebelum berangkat  sebesar Rp40 ribu.

Selain itu, dia menilai tidak efektifnya penerapan aturan pelaksanaan tes GeNose COVID-19 itu di lapangan.

Menurutnya banyak calon penumpang yang antre dan bertumpuk saat akan melakukan tes GeNose di bandara maupun pelabuhan, bahkan tidak menerapkan protokol kesehatan.

Sementara itu, loket pemeriksaan yang terbatas dan petugas yang sedikit tidak bisa mengantisipasi dan mengatur penumpukan calon penumpang tersebut.

"Saya melihat penerapan GeNose ini kurang efektif. Malah dengan tes yang dilakukan di pelabuhan atau bandara, terjadi penumpukan calon penumpang serta antrean yang panjang," kata Bobby Jayanto di Tanjungpinang, Sabtu.

Bobby mengakui tes GeNose COVID-19 memang bisa dilakukan di klinik kesehatan swasta dengan harga yang sama di pelabuhan. Tapi khusus Tanjungpinang, baru ada satu klinik yang bisa memberikan layanan tersebut dan jumlah alatnya juga baru ada satu, sehingga juga akan kewalahan melayani calon penumpang yang melakukan tes tersebut.

Politisi NasDem itu memandang yang harus dilakukan Pemda saat ini adalah penegakan protokol kesehatan dengan disiplin tinggi oleh setiap pribadi serta imbauan terus menerus oleh aparatur dan pihak terkait.

Masyarakat pun diimbau menjaga diri sendiri dengan bepergian untuk tujuan yang sangat penting dan memperketat protokol kesehatan selama perjalanan, seperti menggunakan masker tanpa membuka selama perjalanan, mencuci tangan, dan sedapat mungkin menjaga jarak dengan orang lain.

“Saat ini dalam upaya pencegahan penyebaran COVID-19 ini adalah kesadaran dari masing-masing individu yang disiplin dengan protokol kesehatan. Mau bepergian pikir dulu apakah memang penting, dan silakan berusaha dan bekerja asal prokes ketat demi menjaga diri masing-masing,” tuturnya.

 

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE