Wabup Lingga himbau pilkades berjalan netral dan mengikuti prokes

id Wabup Lingga himbau Pilkades berjalan netral dan mengikuti Prokes

Wabup Lingga himbau pilkades berjalan netral dan mengikuti prokes

Wakil Bupati Lingga Neko Wesha Pawelloy saat membantu warganya yang tenggelam di Tanjung Jabung Timur (ANTARA/Nurjali)

Lingga (ANTARA) - Wakil Bupati Lingga Neko Wesha Pawelloy menghimbau kepada semua pihak yang terlibat dalam pemilihan kepala desa (pilkades) mulai dari tingkat desa, kecamatan hingga kabupaten untuk dapat melaksanakan pemilihan kepala desa secara netral dan tidak mengaitkan dengan kondisi politik aktif dan kepartaian serta menjaga protokol kesehatan di tengah pandemi saat ini.

"Siapapun kepala desa yang terpilih itu adalah pilihan masyarakat di desa, jangan dikait-kaitkan dengan kondisi politik yang ada, bersaing secara fair dan kembali berangkulan setelah pilkades," ujar Neko, kepada wartawan.

Dirinya meminta kepada masyarakat di desa, jika ada oknum-oknum yang mengerahkan kelompok-kelompok tertentu di luar dari desa yang mengarahkan pada calon-calon tertentu di desa secara politik aktif atau politik kepartaian, maka dirinya meminta untuk dapat menyampaikan ke publik.

"Kepala desa yang ikut bertarung itu, wajib mengundurkan diri dari Parpol dan organisasi politik lainnya, apalagi kalau sudah terpilih nanti mereka wajib netral," ujarnya.

Sebagai wakil bupati dirinya mengatakan, siapapun yang terpilih menjadi kepala desa nanti, secara birokrasi dan struktur kepemerintahan adalah bawahan dari Bupati, Wakil Bupati dan pejabat setingkatnya.

"SK mereka diterbitkan oleh bupati, meskipun pemilihannya langsung dan DD dan ADD mereka nanti juga atas persetujuan pejabat terkait, mulai dari camat hingga dinas PMD," ujarnya.

Selain itu mengingat pelaksanaan pilkades yang jatuh pada hari kedua pelaksanaan Hari Raya Idul Adha,  atau pada 21 Juli 2021 mendatang, yang mana kasus COVID-19 masih tinggi di beberapa daerah di Indonesia, meskipun saat ini Lingga masih zona orange dan menuju zona kuning. Dirinya meminta kepada penyelenggara untuk benar-benar mematuhi protokol kesehatan.

"Jadi nanti kita minta jangan sampai ada terjadi kerumunan, panitia baik di kabupaten maupun kecamatan harus benar-benar memperhatikan ini tentang bagaimana teknisnya dilapangan agar tidak terjadi perkumpulan," sebutnya.

Terakhir Wakil Bupati Lingga juga berpesan kepada seluruh masyarakat desa yang melaksanakan Pemilihan Kepala Desa, untuk dapat memilih kepala desa yang benar-benar mampu bekerja sesuai dengan target pembangunan di desa dan visi misi pemerintah daerah, provinsi maupun pusat.

"Jadi kita minta nanti kepala desa yang terpilih benar-benar fokus membangun desa, perkuat sinergi dengan pemerintah, pastikan kesehatan di desa baik, pendidikan baik dan kesejahteraan masyarakat kita merata," sebutnya. 

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE