Riau-Kepri perkuat kerja sama tingkatkan kesejahteraan

id Pemrov Riau

Riau-Kepri perkuat kerja sama tingkatkan kesejahteraan

Gubernur Riau Syamsuar dan Sekdaprov Kepri Lamidi, menandatangani Perjanjian Kerja Sama, di Kabupaten Bintan, Kepri, Jumat (9/7). (Foto:Antara/HO-Humas Pemrov Riau).

Pekanbaru (ANTARA) - Gubernur Riau Syamsuar bersama Sekretaris Daerah Provinsi Kepulauan Riau (Kepri), Lamidi, memperkuat kerja sama di bidang pariwisata, ekonomi kreatif, perhubungan, kesehatan, pendidikan, perikanan dan pengelolaan kawasan perbatasan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Kerjasama tersebut ditandai dengan penandatanganan perjanjian kerja sama antara Pemerintah Provinsi Riau dengan Pemerintah Provinsi Kepri digelar di Lagoy Resort, Kabupaten Bintan, Kepri, Jumat.

"Kerja sama ini dilakukan guna meningkatkan sejumlah sektor pembangunan di dua daerah tersebut," kata Syamsuar.

Dia,mengatakan, Provinsi Riau dan Provinsi Kepulauan Riau adalah dua daerah otonomi yang memiliki hubungan sangat erat. Kedua daerah yang dulunya merupakan satu provinsi ini juga memiliki potensi sumber daya alam yang melimpah dan saling terkait.

Riau memiliki potensi alam agraris dan Kepri punya potensi bahari yang sangat besar, kedua potensi ini yang menjadi alasan kuat dilakukannya kerja sama antara ke dua daerah serumpun itu.

"Pentingnya kerja sama antara pemerintah daerah sebagai bentuk upaya memaksimalkan pembangunan, pelayanan publik dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Selain itu, kerja sama antar daerah juga merupakan amanat undang-undang otonomi daerah," katanya.

"Kita hadir di sini dengan satu harapan bersama, yaitu mendorong terwujudnya akselerasi pembangunan, peningkatan pelayanan publik dan kesejahteraan masyarakat di kedua provinsi melalui pendekatan kerjasama yang berlandaskan prinsip sinergitas, saling menguntungkan dan saling melengkapi," kata Syamsuar.

Gubernur Kepri Ansar Ahmad dalam sambutan yang dibacakan oleh Sekda Provinsi Kepri Lamidi, menyampaikan, bahwa kerja sama yang dijalin antara dua daerah akan sangat membantu dalam penerapan pembangunan daerah yang efektif dan efisien.

"Riau dan Kepulauan Riau memiliki hubungan historis yang erat, dan dengan adanya keterkaitan potensi sumber daya alam yang melimpah diharapkan perjanjian kerja sama bisa meningkatkan perekonomian daerah dan membantu kesejahteraan masyarakat," kata Lamidi.
Pewarta :
Editor: Evi Ratnawati
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE