BP Batam dan Sunseap Group bangun panel surya terluas di Asia Tenggara

id BP Batam,mou

BP Batam dan Sunseap Group bangun panel surya terluas di Asia Tenggara

Penandatanganan MoU secara virtual oleh Kepala BP Batam, Muhammad Rudi, dengan Co-founder and CEO, Sunseap Group Pte. Ltd., Frank Phuan, Senin (19/7). Foto ANTARA/HO/Humas BP Batam

Batam (ANTARA) - Badan Pengusahaan (BP) Batam dan Sunseap Group Pte. Ltd., perusahaan asal Singapura, melakukan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) pembangunan panel surya  terluas di Asia Tenggara yang akan dioperasikan di Waduk Duriangkang, Batam.

Penandatanganan MoU tersebut dilakukan secara virtual oleh Kepala BP Batam, Muhammad Rudi, dengan Co-founder and CEO, Sunseap Group Pte. Ltd., Frank Phuan, Senin.

Kepala Ex-Officio BP Kawasan Batam, Muhammad Rudi mengatakan, melalui kerjasama ini total investasi mencapai 29 triliun, dengan tenaga kerja yang terserap sekitar 3.000 pekerja yang tidak hanya lokal namun juga dari luar daerah.

"Proyek ini akan dilaksanakan pada tahun ini dan dimulai dengan persiapan perizinan dan kajian awal untuk implementasinya di genangan Waduk Duriangkang," ucap Rudi seperti rilis yang diterima Antara Kepri, Senin.
Penandatanganan MoU secara virtual oleh Kepala BP Batam, Muhammad Rudi, dengan Co-founder and CEO, Sunseap Group Pte. Ltd., Frank Phuan. (ANTARA/HO/Humas BP Batam)
Konsepnya, perusahaan ini akan memasang panel surya di genangan waduk dengan cara mengambang (floating) di mana nanti hasil energinya akan diekspor ke Singapura dan sebagian untuk di Batam. Proyek ini menjadi salah satu yang terluas di Asia Tenggara dan pertama di Batam.

Adapun cakupan layanan dari Sunseap untuk solusi energi bersih seperti pendanaan, pengembangan, perancangan, teknik dan konstruksi tenaga surya dan pasokan listrik bersih.

Sunseap Group merupakan perusahaan penyedia energi bersih terbesar di Singapura sejak didirikan pada tahun 2011. Sunseap telah terbukti untuk mendiversifikasi portofolio energi melalui model dan strategi biaya yang kompetitif.

Penandatanganan ini dihadiri Anggota Bidang Administrasi dan Keuangan Wahjoe Triwidijo Koentjoro, Anggota Bidang Kebijakan Strategis Enoh P. Suharto, Anggota Bidang Pengelolaan Kawasan dan Investasi Sudirman Saad, dan Anggota Bidang Pengusahaan Sjahril Japarin, serta Kepala Urusan Ekonomi Internasional BP Batam di Singapura Michael Goutama dan pejabat BP Batam lainnya.
Penandatanganan MoU secara virtual oleh Kepala BP Batam, Muhammad Rudi, dengan Co-founder and CEO, Sunseap Group Pte. Ltd., Frank Phuan. (ANTARA/HO/Humas BP Batam)

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE