Kasus pertama seorang warga Tambelan meninggal karena COVID-19

id tambelan, covid-19

Kasus pertama seorang warga Tambelan meninggal karena COVID-19

Peristiwa pertama kali pemakaman pasien COVID-19 di Pemakaman Umum Bukit Sekuni, Tambelan dengan protokol COVID-19. Foto Antara/HO/Saud MC

Tambelan (ANTARA) - Kasus pertama kali terjadi di Tambelan, Kabupaten Bintan, Kepri, seorang pasien COVID-19 meninggal dunia dan langsung dikebumikan dengan protokol COVID-19, Sabtu (24/7) malam.

"Proses pemakaman dilakukan ba'da Magrib (24/7). Warga yang meninggal merupakan warga Kelurahan Teluk Sekuni," jawab Kepala UPTD Puskesmas Tambelan Yuliansisti, saat dihubungi Antara, Minggu.

Dari video amatir yang direkam warga setempat, proses pemakaman dilakukan dengan tata cara pasien COVID-19 di Tempat Pemakaman Umum (TPU) Kelurahan Teluk Sekuni, Kecamatan Tambelan.

Pj Camat Tambelan, Teguh Sakti Aji menbenarkan bahwa ada seorang pasien COVID-19 meninggal di Tambelan dan telah dimakamkan di TPU Kelurahan Teluk Sekuni.

"Untuk tempat pemakaman khusus COVID-19 memang belum ada di Kecamatan Tambelan ini,” kata  Teguh Sakti Aji.

Sebelumnya, pemakaman khusus COVID-19  pernah dimusyawarahkan dengan kepala desa, lurah, kepala UPTD Puskesmas Tambelan dan tokoh masyarakat yang ada.

"Namun karena keterbatasan lahan di Tambelan, sehingga tempat pemakaman pasien COVID-19 belum bisa dikhususkan," imbuhnya.

Sementara itu, untuk pemakaman pasien COVID-19 kemarin malam  telah direkomendasi bersama oleh masyarakat dan tim medis Kecamatan Tambelan.
 
Menurut dia, Satgas COVID-19 Kabupaten Bintan juga menegaskan agar segala kegiatan di masyarakat Tambelan tetap berpatokan pada regulasi yang telah diterbitkan.

"Jika ini adalah peristiwa pertama pemakaman pasien COVID-19 di Tembelan, semoga ini juga menjadi yang terakhir di Tambelan", ujar Teguh.

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE