Dinas Kominfo Natuna bantah batal ikut STQH karena kendala sinyal

id Natuna, Kominfo, STQH Kepri 2021, LPTQ Natuna

Dinas Kominfo Natuna bantah  batal ikut STQH karena kendala sinyal

Tangakapan layar surat Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran (LPTQ) Kabupaten Natuna nomor IV/LPTQ/KAB.N/VII/2021 tanggal 21 Juli 2021 ditandatangani Ketua LPTQ Kabupaten Natuna, Rodhial Huda yang menyatakan pembatalan kepersertaan STQ-H IV Prov Kepri secara virtual tahun 2021 dikarenakan kekurangan persiapan pendukung berupa peralatan virtual. (ANTARA/Cherman)

Natuna (ANTARA) - Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Natuna, Raja Darmika meluruskan kabar terkait mundurnya Natuna sebagai peserta Seleksi Tilawatil Quran dan Hadis (STQH) lX Tahun 2021 Provinsi Kepulauan Riau yang dilakukan secara virtual bukan dikarenakan kendala jaringan internet.

"Berdasarkan surat resmi dari ketua LPTQ Kabupaten Natuna, bukan karena kendala sinyal, namun lebih karena kekurangan peralatan pendukung virtual", kata Raja Darmika kepada ANTARA, Kamis.

Ia juga menunjukkan surat Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran (LPTQ) Kabupaten Natuna nomor IV/LPTQ/KAB.N/VII/2021 tanggal 21 Juli 2021 ditandatangani Ketua LPTQ Kabupaten Natuna, Rodhial Huda yang menyatakan pembatalan kepersertaan STQ-H IV Prov Kepri secara virtual tahun 2021 dikarenakan kekurangan persiapan pendukung berupa peralatan virtual.

"Bukan karena jaringan internet, tidak disebutkan di situ ada kendala pada jaringan", tegasnya.

Selain itu, ia juga menjelaskan pembatalan keikutsertaan itu juga dikarenakan hal lain, salah satunya terkait anggaran.

"Kita tidak memiliki anggaran untuk peralatan virtual, tidak ada anggaran pengadaan peralatan virtual", ungkapnya.

Ia juga menjelaskan bahwa aturan penganggaran tidak bisa serta merta bisa berubah dan dialihkan untuk pengadaan seperti yang dibutuhkan.

"Jika kita paksakan maka ada aturan terkait penggunaan anggaran yang akan dilanggar, karena itulah diambil keputusan pembatalan sebagai peserta, karena penganggaran suatu kegiatan dianggarkan pada tahun sebelumnya", kata Raja Darmika.

Kembali ia tegaskan sebagaimana isi surat LPTQ Kabupaten Natuna kepada Ketua LPTQ Prov Kepri terkait kegiatan STQH Provinsi Kepri mulai tanggal 27 sampai dengan 31 Juli 2021.

"Surat tersebut menyatakan bahwa pembatalan keikutsertaan Natuna mempertimbangkan situasi dan kondisi Kabupaten Natuna yang dikelilingi daerah PPKM darurat yang menjadikan Natuna daerah PPKM Mikro yang diperketat serta kekurangan persiapan pendukung berupa peralatan virtual, maka dengan ini LPTQ Kabupaten Natuna memutuskan untuk melakukan pembatalan keikutsertaan Natuna pada STQH Provinsi Kepri secara virtual tahun 2021", tegasnya.

Sebelumnya, kabar pembatalan keikutsertaan Natuna sebagai peserta diungkapkan Gubernur Kepualan Riau, Ansar Ahmad usai membuka secara resmi kegiatan STQH di Aula Wan Seri Beni Pulau Dompak, Tanjungpinang, Kepri, Selasa (27/7).
Pewarta :
Editor: Evi Ratnawati
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar