75 desa di Kabupaten Lingga sukses gelar Pilkades

id Pilkades serentak 2021

75 desa di Kabupaten Lingga sukses gelar Pilkades

Bupati Lingga, Kepri, Muhammad Nizar menggunakan hak pilih di Pilkades serentak 2021, Sabtu (7/8). (ANTARA/HO-Facebook Bupati Lingga.)

Lingga (ANTARA) - Sebanyak 75 desa di Kabupaten Lingga, Provinsi Kepulauan Riau, sukses menggelar pemilihan kepala desa (pilkades) serentak pada Sabtu, setelah sempat tertunda dari jadwal semula yaitu tanggal 21 Juli 2021.

Bupati Kabupaten Lingga Muhammad nizar mengapresiasi pelaksanaan pilkades tetap mematuhi standar protokol kesehatan di tengah meningkatnya angka penyebaran kasus COVID-19 di daerah tersebut.

"Terimakasih kepada dinas teknis, panitia pelaksana, dan masyarakat desa di Lingga yang ikut berpartisipasi dalam menentukan arah desa dengan menggunakan hak pilih," kata Bupati Muhammad Nizar.

Politisi NasDem beserta istri ini turut menggunakan hak pilihnya pada Pilkades 2021 di Desa Kelombok. Dia juga diketahui masih dalam fase penyembuhan setelah dinyatakan bebas isolasi mandiri COVID-19.

"Alhamdulillah, hari ini meski badan kurang fit. Kami tetap memberikan hak suara sebagai bentuk demokrasi agar terwujud pilkades yang berkualitas," ujar Nizar.

Nizar berharap kepada kepala desa terpilih di tiap-tiap desa agar amanah dan bekerja keras untuk memajukan desanya ke arah lebih baik.

Kepala desa harus mampu bersinergi dengan masyarakat dalam menciptakan terobosan-terobosan baru, misalnya dalam hal ekonomi supaya bisa bangkit dari masa sulit imbas pandemi COVID-19 saat ini.

Selain itu, dia mengimbau dalam hal optimalisasi dan transparansi anggaran perlu dijalankan sebaik-baik mungkin. Kepada kepala desa terpilih, harus bijak dalam pengelolaan anggaran dan menentukan skala prioritas dalam membangun desa.

"Ini artinya agar anggaran tidak disalah gunakan, karena anggaran setiap desa yang dikucurkan cukup besar. Saya tidak ingin di kemudian hari ada kepala desa yang tersandung hukum," ucapnya.

Selain itu, kepala desa pun patut menjadi garda terdepan dalam pelayanan publik dan semuanya bermuara satu tujuan untuk menyejahterakan warga desa.

"Kita bersyukur pilkades ini sukses, dapat berjalan dan berakhir baik tanpa konflik," demikian Nizar.

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE