Upacara hari kemerdekaan RI di Provinsi Kepri digelar secara daring

id Upacara kemerdekaan daring

Upacara  hari kemerdekaan RI di Provinsi Kepri digelar secara daring

Pelaksanaan upacara hari kemerdekaan RI tahun 2020 di halaman gedung daerah, Tanjungpinang, Kepulauan Riau. (Ogen)

Tanjungpinang (ANTARA) - Upacara peringatan hari kemerdekaan Republik Indonesia ke-76 di tingkat Provinsi Kepri digelar secara daring, sehingga masyarakat dapat menyaksikan upacara penaikan dan penurunan bendera melalui Zoom Meeting, Youtube Channel, Instagram dan Facebook.

“Jangan sampai masyarakat menganggap peringatan hari kemerdekaan ini jadi kurang meriah karena pandemi COVID-19. Kita harus membuktikan bahwa upacaranya tetap berjalan, walaupun secara online,” Mariyani Ekowati, Staf Ahli Gubernur Bidang Pemerintahan dan Hukum Pemprov Kepri, Senin.

Menurutnya Dinas Kominfo Provinsi Kepri yang bertanggung jawab menyiarkan upacara hari kemerdekaan ke berbagai platform menyediakan jaringan sebesar 200 Mbps untuk menyukseskan perhelatan tersebut.

“Sebenarnya 100 Mbps saja sudah cukup, tapi Kominfo sediakan lebih. Ini jaringan yang dipakai yang menggunakan fiber optic, jadi lebih stabil,” sebutnya.

Pihaknya juga menyediakan ruang di Zoom Meeting untuk 1000 partisipan, yang diperuntukan bagi pejabat eselon II, III dan IV di lingkungan Pemprov Kepri, LSM, organisasi masyarakat, partai politik, serta para guru SMA/SMK/SLB.

Sedangkan masyarakat luas, lanjut dia, dapat menyaksikan peringatan detik-detik kemerdekaan Republik Indonesia, melalui Youtube Channel, Instagram dan Facebook Humas Kepri.

“Ini memang kerja kolaborasi. Perlengkapan dan SDM di lapangan dari Biro Umum dan Humas. Kalau Kominfo yang menyediakan jaringan dan operator yang menghubungkan semua platform, hingga bisa disaksikan masyarakat,” ujar Mariyani.

Ia turut mengingatkan untuk peserta upacara melalui Zoom Meeting agar menggunakan pakaian yang rapi, mengingat para peserta dari Zoom Meeting akan ditampilkan di layar besar di Halaman Gedung Daerah dan disaksikan oleh peserta upcara yang berada di sana.

"Rangkaian peringatan HUT RI ke-76 di Provinsi Kepri, akan dimulai pada pukul 07.30, Selasa 17 Agustus 2021," demikian Mariyani.

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE