Relawan COVID-19 gelar tes antigen warga pesisir Tanjungpinang

id Relawan COVID 19, gelar tes antigen, warga pesisir Tanjungpinang

Relawan COVID-19 gelar tes antigen warga pesisir Tanjungpinang

Sejumlah warga melakukan tes usap antigen di Posko Relawan COVID-19 dan RSAL Tanjungpinang. Warga hanya dikenakan Rp50.000 untuk sekali tes usap antigen (ANTARA/Nikolas Panama)

Tanjungpinang (ANTARA) - Relawan COVID-19 Kota Tanjungpinang, Kepulauan Riau bekerja sama dengan Rumah Sakit Angkatan Laut menggelar tes usap antigen untuk warga pesisir.

Koordinator Relawan COVID-19 Tanjungpinang Rudy Chua, di Tanjungpinang, Rabu, mengatakan biaya tes antigen hanya Rp50.000/orang sehingga tidak terlalu membenahi masyarakat yang membutuhkannya.

Biaya untuk membeli satu alat tes antigen hanya Rp50.000. Biaya tes antigen ini jauh lebih murah dibanding yang diberlakukan di sejumlah klinik di Tanjungpinang.

"Rata-rata kalau kita mau tes usap antigen di klinik dikenakan biaya Rp150.000-Rp200.000," katanya.

Menurut dia, relawan tidak mengenakan biaya tes usap kepada warga yang ingin mengetahui apakah dirinya tertular COVID-19 atau tidak setelah kontak erat dengan pasien COVID-19. Kebijakan itu diberlakukan karena sejalan dengan visi Relawan COVID-19 membantu masyarakat untuk mencegah penularan COVID-19.

"Jadi ada pengecualian bagi warga yang kontak erat dengan pasien COVID-19. Mereka tidak dikenakan biaya tes usap," ujarnya, yang juga anggota DPRD Kepri daerah pemilihan Tanjungpinang.

Rudy mengatakan warga Tanjungpinang yang ingin melakukan tes antigen dapat mengunjungi Posko Relawan COVID-19-RSAL Tanjungpinang di depan Apotek Garuda, Jalan Bakar Batu. Pemeriksaan tes usap dilakukan mulai hari ini hingga 23 Agustus 2021.

"Pemeriksaan dilakukan mulai pukul 08.00-12.00 WIB," tuturnya.

Relawan COVID-19 Tanjungpinang berharap pemerintah menurunkan biaya tes antigen sehingga tidak terlalu membebani masyarakat.

"Saya yakin bisa diturunkan lagi harganya karena satu alat yang cukup bagus yang kami gunakan hanya Rp50.000," tuturnya.
 

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE