13 PKM di Lingga ikuti koordinasi teknis PIS-PK 2021

id Dinkes P2KB gelar pertemuan koordinasi teknis PIS-PK 2021

13 PKM di Lingga ikuti koordinasi teknis PIS-PK 2021

Plt Kepala Dinas PPKB saat membuka kegiatan PIS-PK di Aula Hotel Prima In (ANTARA/ Nurjali)

Lingga (ANTARA) - Sebanyak 13 Puskesmas yang ada di Kabupaten Lingga mengikuti kegiatan Pertemuan Koordinasi Program Indonesia Sehat dengan Pendekatan Keluarga Berencana (PIS-PK), di Dabosingkep, selama tiga hari mulai 14 - 16 Oktober 2021.

Kepala Dinas Kesehatan Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (Dinkes P2KB) Kabupaten Lingga, Recky Sarman Timur saat membuka kegiatan tersebut pada Jumat (15/10) mengatakan kegiatan PIS-PK digelar bertujuan agar keluarga mampu menjangkau akses pelayanan kesehatan yang menyeluruh seperti pelayanan promotif (mempromosikan), preventif  (pencegahan), kwatif (pengobatan) dan rehabilitatif (pengembalian fungsi).

"Yang terpenting juga adalah meningkatkan peran Dinas Kesehatan kepada Puskesmas dalam melakukan pemantauan dan evaluasi Program Indonesia Sehat," ujarnya.

Selain itu kegiatan tersebut juga bertujuan untuk menganalisa data Individu keluarga sehat di Kabupaten Lingga, sehingga analisa tersebut dapat memperoleh data keluarga baik yang sehat dan tidak sehat agar dapat terus dilakukan intervensi untuk keluarga yang tidak sehat.

Sementara itu Kasie Pelayanan Kesehatan  Dinkes P2KB Enny Rozanty, selaku pelaksana pada kegiatan tersebut mengatakan dengan kegiatan PIS-PK ini diharapkan Puskesmas dapat melakukan perbaikan pelayanan kesehatan sehingga dapat meningkatkan derajat kesehatan masyarakat di wilayah kerja Puskesmas dan Kabupaten Lingga khususnya.

"Peserta dari kegiatan ini diantaranya Tim Yankes Dinkes Lingga, dan Tim Puskesmas dari 13 Puskesmas yang ada di Kabupaten Lingga," ujarnya.

Dari analisis yang dilaksanakan tiap-tiap Puskesmas ini diharapkan juga dapat menganalisa permasalahan kesehatan yang ada di wilayah kerja Puskesmas.

"Yang kemudian dapat di intervensi dan membuat inovasi kegiatan kesehatan guna mendukung standar pelayanan minimal.
Pewarta :
Editor: Evi Ratnawati
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE