Pasokan bahan pokok di Batam tercukupi hingga akhir tahun

id tpid batam,wakil wali kota batam, amsakar achmad,pasokan bahan pokok batam,asisten ekonomi pembangunan batam, pebrialin

Pasokan bahan  pokok di Batam tercukupi hingga akhir tahun

Petani Batam panen cabai, beberapa waktu lalu. (ANTARA/ Naim)

Batam (ANTARA) - Pemerintah Kota Batam Kepulauan Riau meyakinkan pasokan bahan pokok di daerah setempat cukup hingga akhir tahun 2021.

"Stok hingga tiga bulan ke depan aman," kata Wakil Wali Kota Batam Amsakar Achmad di Batam, Jumat.

Kesimpulan itu diperolehnya berdasarkan laporan berbagai pihak dalam rapat koordinasi Tim Pengandali inflasi Daerah Kota Batam, yang dihadiri perwakilan Bank Indonesia, Badan Pusat Statistik, Bulog, Pertamina, Bea Cukai. Juga dihadiri Organsasi Perangkat Daerah (OPD) internal Pemko Batam, seperti Disperindag, Ketahanan Pangan, Dinas Perikanan, serta asosiasi distributor Batam.

Ia menyampaikan selain ketersediaan bahan pokok, tim juga berkesimpulan inflasi juga relatif terkendali.

Meski begitu, ia meminta TPID untuk terus melakukan terobosan, agar harga bahan pokok di masyarakat terjangkau.

Wakil Wali Kota meminta tim melakukan kontrol harga secara rutin guna menghindari permainan harga di pasaran. Tim juga diharapkan dapat melakuka upaya untuk memudahkan distribusi bahan pokok ke Batam.

Asisten Ekonomi dan Pembangunan Pemkot Batam Pebrialin menyatakan kelancaran distribusi bahan pokok seperti beras, gula dan minyak goreng harus terus dijaga.

"Karena bahan pokok datang dari luar. Kami bersyukur di Batam produksi lokal juga ada. Cabai andil hingga 20 persen begitu juga telur hingga 10 persen," kata dia.

Pihaknya terus melakukan komunikasi intens dan efektif yang diikuti pihak terkait guna mencegah inflasi terlalu dalam.

Berdasarkan data BPS, pada September Batam mengalami inflasi 0,33 persen. Dan pada Januari-September 2021, inflasi sebesar 0,66 persen, di bawah kisaran nasional tiga persen plus minus satu persen.

 
Pewarta :
Editor: Evi Ratnawati
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE