Santri diajak siaga jiwa raga bela tanah air

id Peringatan Hari Santri

Santri diajak siaga jiwa raga bela tanah air

Upacara peringatan Hari Santri tahun 2021 di Kota Tanjungpinang, Kepulauan Riau, Jumat (22/10). (ANTARA/HO-Humas Pemkot Tanjungpinang.)

Tanjungpinang (ANTARA) - Wali Kota Tanjungpinang, Kepri, Rahma mengajak santri selalu siaga jiwa dan raga membela tanah air pada peringatan Hari Santri Nasional Tahun 2021 di Pondok Pesantren Modern Al-Kautsar, Kampung Sidomulyo, Jumat (22/10).

Rahma mengatakan santri siaga jiwa raga diperlukan untuk mempertahankan persatuan Indonesia dan mewujudkan perdamaian dunia.

Hal ini juga relevan di era pandemi COVID-19 seperti sekarang ini, di mana kaum santri tidak boleh lengah dalam menjaga protokol kesehatan.

“Kita patut apresiasi pengalaman beberapa pesantren, yang berhasil melakukan beberapa upaya pencegahan, pengendalian dan penanganan atas dampak pandemi COVID-19. Hal ini menjadi bukti nyata bahwa pesantren juga memiliki kemampuan untuk menghadapi pandemi COVID-19 di tengah berbagai keterbatasan fasilitas yang dimilikinya," kata Rahma.

Rahma berharap momentum Hari Santri ini dapat menumbuh kembangkan rasa patroitisme di kalangan generasi bangsa Indonesia dan selalu meneladani semangat cinta Tanah Air dari para pejuang bangsa dan negara di mana para santri juga ikut andil dalam perjuangan tersebut. 

“Diharapkan dengan pendidikan agama yang telah diajarkan, para santri mampu menjadi daya gerak dalam mewujudkan generasi muslim yang sehat tidak hanya fisik melainkan mental. Mari wujudkan Kota Tanjungpinang yang religius dan berbudaya,” ungkap Rahma.

Ia juga menyampaikan para santri patut bersyukur karena dua tahun lalu santri mendapatkan kado istimewa berupa pengesahan Undang-Undang Nomor 18 Tahun 2019 tentang Pesantren. Kemudian di tahun 2021 pesantren kembali mendapatkan keistimewaan dari Presiden RI Joko Widodo, berupa Peraturan Presiden Nomor 82 Tahun 2021 tentang Pendanaan Penyelenggaraan Pesantren. 

Peraturan ini secara khusus mengatur tentang dana abadi pesantren yang dialokasikan dalam upaya peningkatan Kualitas SDM pendidikan pesantren.

Rahma turut memberikan apresiasi kepada Kementerian Agama Kota Tanjungpinang, keluarga besar NU, PBNU, Fatayat, Banser, Muslimah dan seluruh pondok pesantren, karena dengan semangat bersama telah memberikan andil dan membentuk generasi muda Kota Tanjungpinang.

"Melalui lembaga pendidikan yang telah dibentuk dan dikelola selama ini, kita akan terus bersinergi dalam menjalankan roda pemerintahan di Kota Tanjungpinang”, tutur Rahma.

Dalam rangkaian acara peringatan hari santri nasional 2021, Pemkot Tanjungpinang memberikan bantuan satu unit mobil operasional yang di serahkan kepada Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kota Tanjungpinang.

Selain itu, melalui zakat profesi ASN pemkot juga diserahkan 28 unit mesin jahit kepada 14 perwakilan panti asuhan serta 50 paket sembako diberikan kepada yang berhak menerima sesuai asnafnya.

 
Pewarta :
Editor: Evi Ratnawati
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE