BMKG Tanjungpinang keluarkan peringatan dini untuk antisipasi banjir

id BMKG, keluarkan,peringatan dini,antisipasi banjir

BMKG Tanjungpinang keluarkan peringatan dini untuk antisipasi banjir

Genangan air masuk ke perumahan warga di Jalan Transito, Tanjungpinang. ANTARA/Nikolas Panama

Tanjungpinang (ANTARA) - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika Kota Tanjungpinang, Kepulauan Riau mengeluarkan peringatan dini agar pemerintah daerah dan masyarakat mengantisipasi banjir dan genangan air seiring intensitas hujan semakin tinggi dalam pekan ini.

Prakirawan Cuaca BMKG Tanjungpinang Vivi Putrima Ardah di Tanjungpinang, Minggu mengatakan hujan diperkirakan terjadi pada siang sampai sore hari, karena itu perlu diwaspadai.

Intensitas curah hujan yang terjadi dalam pekan ini relatif tinggi, meski tidak setinggi pada 1-10 November 2021.

"Dengan kewaspadaan dini, ada upaya antisipasi sehingga saat hujan tidak terjadi genangan air dan banjir di perumahan maupun di tempat fasilitas umum," ucapnya.

Berdasarkan data, beberapa lokasi rawan banjir yakni Perumahan Taman Harapan Indah, Jalan Bhayangkara, Kampung Kolam, Lembah Purnama, Perumahan Sri Andana, Jalan Hanjoyo Putro Batu 8, Jalan Hang Lekir Perum Elang Semesta Batu 9, daerah Bangunsari KM 11 Gg Perkutut, dan Green Camp Jalan Lembah Merpati.

Sebelumnya, Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Tanjungpinang Zulhidayat mengatakan, pihaknya sudah mendata lokasi yang berlangganan genangan air dan banjir. Beberapa lokasi sudah dilakukan upaya antisipasi banjir.

"Lebih dari 30 titik rawan banjir," katanya.

Zulhidayat menjelaskan anggaran untuk membenahi lokasi yang rawan banjir cukup besar sehingga pemerintah daerah tidak mampu melakukannya sekaligus. "Anggarannya mencapai miliaran rupiah, sementara anggaran kita terbatas," ujarnya.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Tanjungpinang Riono mengimbau masyarakat untuk tidak membuang sampah sembarangan agar tidak terjadi penyumbatan drainase.

"Buanglah sampah pada tempat sampah yang resmi untuk kepentingan kita bersama," katanya.
Pewarta :
Editor: Evi Ratnawati
COPYRIGHT © ANTARA 2022

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE