Pemprov Kepri percepat listrik masuk ke pulau

id Listrik masuk pulau

Pemprov Kepri percepat listrik masuk ke pulau

Gubernur Kepri Ansar Ahmad meresmikan listrik masuk desa di Belakang Padang, Batam, Senin (15/11). (ANTARA/HO-Humas Pemprov Kepri).

Tanjungpinang (ANTARA) - Gubernur Kepulauan Riau (Kepri) Ansar Ahmad menyatakan pemprov dan PLN melakukan pola Serah Terima Operasi (STO) untuk mempercepat masuknya listrik di pulau-pulau besar di daerah tersebut.

Ansar menyebut dalam pola STO ini, Pemprov Kepri akan membantu penyediaan tenaga teknis yang akan bertugas menjaga dan merawat mesin generator.

Sementara untuk beberapa pulau kecil yang tidak terlalu banyak ditinggali keluarga, akan dilistriki dengan pembangkit listrik tenaga surya.

"Sudah kita anggarkan Rp3 miliar untuk menyediakan listrik dan jaringan di 8 pulau di Pulau Batam, lalu PLN akan membantu di 3 pulau. Jika 11 pulau di Batam itu teraliri listrik, maka pulau-pulau besar di Batam sudah teraliri listrik," kata Gubernur di Tanjungpinang, Selasa.

Tidak hanya di Batam, Ansar juga memberikan perhatian kepada beberapa pulau di Kabupaten Bintan yang belum dialiri listrik.

Beberapa pulau seperti pulau Malin Besar, Malin Kecil, Kelong, dan Desa Tenggel akan dialiri listrik menggunakan transmisi tower.

"Untuk Kabupaten Anambas juga enam desa akan mulai kita aliri listrik menggunakan CSR dari SKK Migas. Secara bertahap seluruh desa di Kepri sudah harus bisa menikmati layanan dasar listrik," ujar Gubernur.

Lanjut Ansar program "Kepri Terang" menjadi prioritas utama Pemprov Kepri untuk memberikan dukungan pada program Nawacita yang digagas Presiden RI Jokowi untuk membangun Indonesia mulai dari desa-desa terpencil dan terluar.

Ia mengakui sudah beberapa kali melakukan kunjungan ke PLN Tanjungpinang sebagai tindak lanjut percepatan tuntasnya program 'Kepri Terang'.

"Kita sudah membahas untuk pulau-pulau besar yang belum masuk listrik, supaya secepatnya masuk listrik," katanya menegaskan.

Sementara, Manajer UP3 PLN Tanjungpinang Yusra Helmi mengatakan PLN siap memberikan dukungan terhadap program pengaliran listrik ke pulau-pulau yang terus digesa oleh Gubernur Kepri.

Program "Kepri Terang" yang digagas pak Gubernur, kata dia sejalan dengan pencapaian elektrifikasi yang sedang dikerjakan PLN.

"Jadi program ini akan sangat saling menguntungkan, demi kepentingan masyarakat," ujarnya singkat.

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE