BMKG peringatkan hujan lebat akan sebabkan banjir di Kepri

id banjir di batam,potensi banjir di batam, titik banjir di batam,longsor di batam, bmkg batam, prakirawan bmkg batam

BMKG peringatkan hujan lebat  akan sebabkan banjir di Kepri

Ilustrasi - Seorang pengendara motor mendorong motornya yang mogok di tengah genangan banjir jalan lintas Teluk Bakau, Nongsa, Batam. ANTARA/Evy R. Syamsir

Batam (ANTARA) - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika Stasiun Meteorologi Klas I Hang Nadim Batam memperingatkan potensi terjadinya hujan lebat yang dapat menyebabkan banjir di wilayah Kepulauan Riau pada Ahad.

"Warning! waspada potensi banjir di wilayah Kepri," kata prakirawan Stasiun Meteorologi Klas I Hang Nadim Batam Addini, di Batam, Sabtu.

Ia juga mengingatkan warga untuk waspada pada potensi hujan sedang hingga lebat yang dapat disertai petir atau kilat, dan angin kencang di seluruh wilayah Kepri.

"Untuk transportasi laut dan aktivitas kelautan diimbau waspada potensi gelombang laut," kata dia.

Ia merinci, gelombang laut di perairan Bintan bisa mencapai dua meter, di perairan Kepulauan Anambas hingga 3,5 meter dan di Natuna mencapai empat meter.

Addini juga menyampaikan, belokan angin (shearline) dan kelembapan udara lapisan atas yang tinggi mendukung pembentukan awan-awan hujan di wilayah Kepulauan Riau.

"Secara umum kondisi cuaca esok hari di wilayah Kepri diprakirakan hujan dengan intensitas ringan hingga sedang yang dapat disertai petir dan angin kencang di hampir seluruh wilayah pada pagi, siang, malam, dan dini hari," kata dia.

Sementara itu, hujan yang mengguyur Batam pada Jumat (31/1) sejak pagi hingga malam menyebabkan banjir serta longsor di beberapa wilayah daerah kepulauan itu.

Pada Sabtu (1/1), hujan reda, dan banjir pun mulai surut.

 

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE