Piala Afrika - Maroko susah payah kalahkan Ghana 1-0

id Piala Afrika,Timnas Ghana,Timnas Maroko

Piala Afrika - Maroko susah payah kalahkan Ghana 1-0

Striker Maroko Sofiane Boufal (tengah) diselamati oleh rekan-rekan satu timnya setelah mencetak gol dalam pertandingan fase grup Piala Afrika 2021 di Stadion Ahmadou Ahidjo di Yaounde, Kamerun, 10 Januari 2022. (AFP/KENZO TRIBOUILLARD)

Jakarta (ANTARA) - Pemain Maroko Sofiane Boufal memanfaatkan bola muntah untuk mencetak gol tujuh menit menjelang pertandingan berakhir guna mengamankan kemenangan 1-0 atas Ghana dalam pertandingan pembuka Grup C Piala Afrika, Selasa dini hari.

Boufal mencetak gol dari jarak dekat setelah Zakaria Aboukhlal merangsek ke area penalti untuk menguji pertahanan Ghana yang hanya dihadapi Thomas Partey namun bola kemudian bergerak tepat ke arah Boufal yang tak ayak dia ubah menjadi gol.

Gol itu muncul dari pertandingan langka peluang karena kedua tim sama-sama menunjukkan kekuatan dalam bertahan tetapi tidak terlalu mengesankan dalam menyerang.

Kedua negara berusaha mengakhiri penantian panjang untuk sukses dalam turnamen kontinental itu tetapi jarang sekali menciptakan peluang.

Maroko masih mendapatkan dua peluang emas ketika tandukan kapten Romain Saiss melebar dari gawang setelah meneruskan tendangan bebas pada menit ke-87. Kemudian pada waktu tambahan kiper Ghana Joe Wollacott menghentikan sebuah tembakan keras dari jarak dekat.

Ghana sendiri hanya menciptakan dua peluang emas, yakni ketika Joseph Paintsil melepaskan tembakan yang mengarah ke sudut atas gawang pada menit ke-70 namun dimentahkan kiper Maroko Yassine Bounou.

Kemudian peluang dari bola mati pada menit ke-31 tetapi tendangan bebas Partey melambung di atas mistar.

Kemenangan itu memperpanjang kemenangan beruntun Maroko menjadi 10 pertandingan, termasuk semua dari enam laga kualifikasi Piala Dunia dari September sampai November tahun lalu.

Maroko pernah sekali menjuarai Piala Afrika pada 1976 sementara Ghana sudah empat kali menjuarainya dan terakhi pada 1982.

Maroko selanjutnya akan menghadapi Kepulauan Comoros pada Jumat yang disusul laga Ghana melawan Gabon dalam hari yang sama, demikian laporan Reuters.
 

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE