Presiden RI dan PM Singapura diagendakan kunjungi Bintan

id Kunjungan kerja Jokowi

Presiden RI dan PM Singapura diagendakan kunjungi Bintan

Hotel Kapal di kawasan pariwisata Lagoi, Bintan, Kepri, jadi salah satu daya tarik bagi wisatawan mancanegara. (Ogen)

Bintan (ANTARA) - Presiden RI Joko Widodo dan PM Singapura Lee Hsien Loong diagendakan berkunjung ke kawasan pariwisata Lagoi, Kabupaten Bintan, Kepri dalam rangka persiapan kesepakatan Goverment to Goverment "G to G" pembukaan pariwisata perbatasan antar dua negara tersebut.

"Informasinya tanggal 25 Januari 2022," kata Kepala Dinas Pariwisata Bintan Wan Rudi Iskandar, Selasa.

Menurut dia, saat ini dari tim Kementerian Luar Negeri dan Kedutaan Besar RI di Singapura tengah menyiapkan teknis kunjungan Presiden RI dan PM Singapura ke Bintan.

Ia berharap rencana kunjungan kedua kepala negara tersebut dapat terealisasi, sehingga menghasilkan sebuah kebijakan akan dibukanya pintu wisatawan mancanegara antara Indonesia dan Singapura.

"Mudah-mudahan akhir Januari 2022, pintu perbatasan kedua negara sudah dapat dibuka," ujar Rudi.

Lanjutnya menyampaikan bahwa Pemprov Kepri juga terus menggesa pemerintah pusat supaya akses wisman Indonesia dan Singapura segera dibuka demi pemulihan ekonomi di sektor pariwisata.

Pariwisata Kepri khususnya, kata dia, sangat terdampak pandemi COVID-19. Penutupan pintu perbatasan Indonesia dan Singapura selama pandemi, menyebabkan kunjungan wisman ke daerah itu turun signifikan.

Pihaknya bersama Pemprov Kepri telah mengagendakan sejumlah iven wisata internasional tahun 2022, apabila akses wisman Singapura dan Indonesia jadi dibuka.

"Singapura masih menjadi penyumbang kunjungan wisman terbesar ke Kepri, khususnya Bintan. Di samping itu, menjadi salah satu pintu masuk kunjungan wisman berbagai negara ke daerah ini," ungkapnya.
 

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE