DPRD berharap Kepri segera miliki sekretaris daerah definitif

id DPRD, berharap Kepri,segera miliki,sekda definitif

DPRD berharap Kepri segera miliki sekretaris daerah definitif

Ketua DPRD Kepri Jumaga Nadeak (Nikolas Panama)

Tanjungpinang (ANTARA) - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provonsi Kepulauan Riau berharap pemerintahan di wilayah itu segera memiliki sekretaris daerah definitif.

"Kami berharap Presiden Joko Widodo melalui Mendagri segera menetapkan sekretaris daerah definitif agar roda pemerintahan berjalan lancar," kata Ketua DPRD Kepri Jumaga Nadeak di Tanjungpinang, Kamis.

Menurut dia, Lamidi sudah terlalu lama menjabat sebagai Pelaksana Harian Sekda Kepri. "Sudah lebih 5 bulan Kepri belum memiliki sekda definitif," ucapnya.

Ia menjelaskan, sekda memiliki tugas dan fungsi yang strategis di pemerintahan baik dalam pengelolaan anggaran, pembangunan SDM pemerintahan dan kebijakan, sehingga harus segera ditetapkan.

"Sekda itu memiliki peran yang strategis sehingga harus definitif. Kalau pelaksana harian itu wewenangnya terbatas," tuturnya.

Ia menduga ada permasalahan di dalam proses penyeleksian sekda sehingga Presiden Joko Widodo melalui Mendagri sampai sekarang belum menetapkan satu dari tiga nama yang diusulkan.

"Kalau sudah lama belum belum juga ditetapkan, tentu ada masalah. Kalau tidak ada masalah, pasti segera ditetapkan," ujarnya.

Namun Jumaga tidak dapat membeberkan permasalahan tersebut, meski memberi sinyal bahwa dirinya mengetahui apa permasalahan tersebut. Ia mengatakan potensi seleksi ulang dapat terjadi.

"Tidak kapasitas saya bertanya ke Mendagri, apakah seleksi ulang atau selanjutnya bagaimana," ucap kader PDIP itu ketika ditanya apakah persoalan itu akan ditanyakan kepada Mendagri yang akan berkunjung ke Batam hari ini.

Ia juga sudah mempertanyakan hal itu kepada Gubernur Kepri Ansar Ahmad. "Kata Pak Gubernur masih proses. Ya, saya bisa memakluminya," ujarnya.

Menurut dia, penetapan Sekda Kepri sampai sekarang belum dilakukan bukan disebabkan tarik ulur kepentingan politik Ansar Ahmad dengan Wagub Kepri Marlin Agustina.

Berbagai pihak menduga Ansar menginginkan Adi Prihantara, yang saat ini menjabat sebagai Sekda Bintan menjabat sebagai Sekda Kepri.

"Saya sudah tanya ke sebelah (Marlin), katanya siapa pun sekda-nya, tidak masalah," tuturnya.

Selain Adi Prihantara, dua nama lainnya yang diusulkan menjadi Sekda Kepri yakni Sardison dan Misni. "Pak Sardison juga cukup matang, dan berpengalaman di pemerintahan," katanya.

Sebelumnya, Gubernur Ansar Ahmad mengatakan pihaknya masih menunggu hasil keputusan pemerintah pusat terkait penetapan sekda.

"Mudah-mudahan segera ditetapkan," katanya.
Pewarta :
Editor: Evi Ratnawati
COPYRIGHT © ANTARA 2022

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE