Jenazah Eril diharapkan tiba di Indonesia Sabtu atau Minggu

id keluarga ridwan kamil,emmeril kahn mumtadz,jenazah ,jenazah emmeril kahn mumtadz tiba di indonesia

Jenazah Eril diharapkan tiba di Indonesia Sabtu atau Minggu

Tangkapan layar adik kandung Gubernur Jawa Barat M Ridwan Kamil Elpi Nazmuzaman (kiri) saat jumpa pers virtual, Kamis (9/6/2022). (ANTARA/Ajat Sudrajat)

Bandung (ANTARA) - Keluarga Gubernur Jawa Barat M. Ridwan Kamil yang diwakili adiknya, Elpi Nazmuzaman berharap, jenazah putra sulung Ridwan Kamil, yakni Emmeril Kahn Mumtadz yang akrab disapa Eril, bisa tiba di Indonesia pada Sabtu (11/6) atau Minggu (12/6).

"Harapan kami bisa tiba di Indonesia setidak-tidaknya ari Sabtu atau hari Ahad," kata Elpi Nazmuzaman dalam jumpa pers secara daring diikuti di Bandung, Kamis malam.

Namun, kata dia, hingga saat ini pihak keluarga belum bisa memastikan waktu pasti kepulangan jenazah Eril ke Indonesia.

"Untuk waktu kami belum bisa memastikan kapan akan tiba di Indonesia, tapi pada dasarnya akan kami lakukan secepat-cepatnya. Sejauh yang memungkinkan, tergantung kondisi situasi sumber daya yang mendukung," kata dia.

Elpi selaku paman dari Eril dan juga mewakili keluarga Ridwan Kamil mengatakan pada hari Senin, tanggal 6 Juni pihaknya telah menyerahkan urusan pencarian Eril untuk dikoordinasi penuh kepada pihak KBRI di Swiss.

Sementara itu, kepastian ditemukannya jasad Eril disampaikan oleh Duta Besar RI untuk Swiss Muliaman Hadad berdasarkan keterangan dari Kepolisian Kanton Bern.

“Pada Kamis, 9 Juni siang waktu Swiss, pihak kepolisian menyampaikan konfirmasi hasil tes DNA bahwa jasad yang ditemukan kemarin adalah benar Ananda Eril,” tutur Muliaman.

Sesuai prosedur hukum yang berlaku di Swiss, pihak kepolisian menyampaikan berbagai berkas yang diperlukan ke Pengadilan Kanton Bern sebagai pihak yang berwenang untuk memutuskan serah terima jasad Eril dari pihak kepolisian kepada pihak keluarga.

Pada hari yang sama, pihak pengadilan telah memberikan kewenangan bagi keluarga di Bern untuk menerima jasad Eril.

Muliaman menegaskan bahwa KBRI akan memastikan penghormatan terhadap hak-hak Eril sebagai Muslim terpenuhi sesuai dengan syariat Islam sebelum jenazahnya dipulangkan ke Indonesia.



 

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Keluarga berharap jenazah Eril tiba di Indonesia Sabtu atau Minggu

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE