Polri pastikan seluruh penumpang Susi Air dapat perawatan

id Susi Air kecelakaan, mimika papua, mabes polri,karopenmas divisi humas polri

Polri pastikan seluruh penumpang Susi Air dapat perawatan

Tim SAR gabungan evakuasi penumpang pesawat Susi Air yang mengalami inside dalam penerbangan Duma-Timika, Papua, Kamis (23/6). (ANTARA/HO/Humas SAR Timika)

Jakarta (ANTARA) - Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karopenmas) Polri Brigjen Pol. Ahmad Ramadhan memastikan seluruh penumpang pesawat Susi Air jenis Pilatus Porter PK-BVM yang mengalami kecelakaan di rute Timika-Duma dinyatakan selamat dan sudah mendapatkan perawatan medis di RSUD Mimika.

“Dari tujuh penumpang selamat, tiga penumpang dan pilot mengalami luka patah kaki, sedangkan tiga penumpang lainnya mengalami luka-luka, dan sekarang sudah mendapatkan pengobatan di RSUD Kabupaten Mimika,” kata Ramadhan kepada wartawan di Jakarta, Kamis.

Kecelakaan yang dialami pesawat Susi Air dengan Pilot Dayle Peter Houzet terjadi sekitar pukul 08.20 WIT.

Tim gabungan langsung melaksanakan proses evakuasi menggunakan Helikopter TNI AU jenis EC-725/HT-7202 dengan pilot Mayor Pnb Adam Hardiman. A.

Ia mengatakan pada pukul 12.06 WIT, Helikopter TNI AU EC-725/HT-7202 dengan membawa tujuh korban kecelakaan saat mendarat (total lost) pesawat Susi Air (Pilatus Porter PC-6) PK BVM milik PT Asi Pudjiastuti Aviantion.

Lebih lanjut, ia mengatakan setelah melaksanakan pendaratan (unboarding) dari Helikopter, para korban langsung diarahkan dengan ambulan untuk menuju RSUD Kabupaten Mimika guna melakukan pengobatan dan pemulihan pasca kecelakaan tersebut.

Kondisi pesawat rusak berat yang diakibatkan Crash Landing (Total Lost) pada posisi C0 4°02’54.00″S/136°43’06.00″E,” pada saat perjalanan dari Bandara Moses Kilangin Timika ke Duma, Distrik Dumadama, Kabupaten Paniai.

Pesawat Susi Air yang mengalami hilang kontak itu awalnya berangkat dari Timika menuju Duma pukul 05.34 WIT dan seharusnya dijadwalkan kembali ke Timika sekitar pukul 08.00 WIT.

Adapun nama-nama penumpang pesawat Susi Air dalam penerbangan menuju Timika, yaitu Merina Dimpau, Fickien Dimpau, Philipus Dimpau, Leo Dimpau, Seruwarkis Diabilu, dan Lukas Dimbau.
 

                     kronologis
Sementara itu, Airnav Indonesia menjelaskan kronologi terjadinya kecelakaan pesawat yang dialami maskapai Susi Air rute Timika (Bandar Udara Moses Kilangin) - Duma (Airstrip) pada Kamis (23/6).

"Berdasarkan informasi lanjutan, disampaikan bahwa ditemukan dalam kondisi crash sekitar 3 NM (5 KM) dari Duma," kata Sekretaris Perusahaan AirNav Indonesia Rosedi.

Rosedi menjelaskan pesawat Susi Air dengan registrasi PK-BVM type Pilatus Porter PC-6 lepas landas dari Timika pada pukul 05.32 WIT dengan pelayanan keberangkatan oleh AirNav Cabang Pembantu Timika. Pesawat diperkirakan tiba di Duma pada pukul 05.49 WIT.

Awalnya, penerbangan pesawat subsidi perintis yang membawa enam orang penumpang tersebut berjalan normal dengan kondisi cuaca cerah.

Namun kemudian AirNav mendapatkan informasi dari pihak Susi Air bahwa PK-BVM mengalami kecelakaan.

Pihaknya menindaklanjuti dengan penetapan kondisi darurat dan berkoordinasi dengan Basarnas Timika, Lanud TNI AU Timika, dan penerbangan lain yang sedang beroperasi di sekitar rute penerbangan PK-BVM.


Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Polri pastikan seluruh penumpang Susi Air mendapat perawatan medis
Pewarta :
Editor: Yuniati Jannatun Naim
COPYRIGHT © ANTARA 2022

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE