8 warga Tanjungpinang meninggal akibat HIV

id Pasien HIV meninggal,kepri

8 warga Tanjungpinang meninggal akibat HIV

RSUD Raja Ahmad Thabib Provinsi Kepri menyiapkan layanan perawatan, dukungan dan pengobatan (PDP) bagi pasien HIV di Kota Tanjungpinang. (ANTARA/Ogen)

Tanjungpinang (ANTARA) - Dinas Kesehatan Kota Tanjungpinang, Kepulauan Riau (Kepri) mendata terdapat delapan warga setempat meninggal akibat penyakit human immunodeficiency virus (HIV) dari total 55 kasus yang terjadi selama semester I tahun 2022.

"Periode Januari-Juni 2022, sudah ada 55 kasus HIV di Tanjungpinang," kata Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinkes Tanjungpinang Handono, Jumat.

Handono menyebut 55 kasus HIV ini terdiri atas 34 pasien laki-laki dan 21 perempuan. Data tersebut diperoleh dari total jumlah warga yang dites HIV sepanjang semester I 2022, sebanyak 8.595 orang.

Baca juga:
Pemkot Tanjungpinang ajak warga belanja di pasar murah

Tanjungpinang menuju Level II PPKM


Ia menyatakan pasien HIV di Tanjungpinang didominasi warga berusia 25 sampai 49 tahun sebanyak 42 orang, 15 sampai 24 tahun 9 orang, dan 50 tahun ke atas 4 orang.

Sementara berdasarkan kelompok resiko, yang paling banyak terkena kasus HIV adalah hubungan sesama jenis atau lelaki sama lelaki sebanyak 18 kasus, diikuti wanita pekerja seksual 12 kasus, pelanggan PSK 12 kasus, pasangan usia subur resiko tinggi 10 kasus, ibu hamil 2 kasus, dan lainnya 1 kasus.

"Di Indonesia sendiri, faktor penyebab dan penyebaran virus HIV ialah hubungan seks yang tidak aman," ujarnya.

Lebih lanjut Handono menyampaikan guna mencegah penyakit HIV, pihaknya rutin melakukan edukasi di lingkungan masyarakat, pendidikan, bahkan dunia prostitusi.

Baca juga:
Baca juga:
KPPU dalami dugaan kartel feri Batam-Singapura

Wawako Tanjungpinang diberhentikan dari jabatan Ketua DPC Gerindra


Selain itu, juga melakukan pendampingan terhadap para penderita HIV, misalnya memberikan perawatan hingga obat rutin untuk menjaga imun tubuh mereka.

HIV merupakan virus yang menyerang sistem kekebalan tubuh yang dapat melemahkan kemampuan tubuh melawan infeksi dan penyakit.






Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Delapan warga Tanjungpinang meninggal akibat HIV

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE